Lautan Massa Penuhi Komplek Sekumpul, Terpaksa Jamaah Shalat di Jalan

0

PUNCAK haul Abah Guru Sekumpul ke-13 yang dihelat pada Minggu (25/3/2018) malam, dipadati jamaah dari berbagai penjuru. Terkhusus lagi, para pencinta ulama kharismatik asal Martapura dari Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat.

TAK hanya dari Pulau Kalimantan, dan sebagian tamu dari Pulau Jawa, ternyata para jamaah pun berdatangan dari Kabupaten Indra Giri hulu Kota Tambilahan Provinsi Riau. Selain itu, tampak pula jamaah yang membaur dari negeri jiran seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura dan turut pula para jamaah Timur Tengah.

Pantauan jejakrekam.com Minggu (25/3/2018) petang, jalan utama Sekumpul depan Masjid Pancasila hingga memasuki komplek Ar Raudah dipenuhi umat muslim khususnya ikut menghadiri haulan ulama besar kelahiran Tunggul Irang, Martapura tersebut. Hingga kini, jutaan jamaah baik di jalanan hingga di rumah rumah warga setempat memadati komplek. Bahkan, ruas jalan pun memutih dengan lautan massa.

Kendati wilayah Komplek Ar Raudhah sudah disesaki tamu, namun tampaknya tamu terus saja berdatangan. Bahkan, sebagian besar tamu sudah duduk di tengah jalan dengan membuka sajadah untuk melaksanakan shalat di tengah jalan.

Walau jalanan penuh sesak dengan jamaah, akan tetapi tamu yang datang ternyata tertib. Selain itu, ratusan relawan juga siap mengarahkan para tamu yang datang. Dalam haul ke-13 tahun ini jumlah jamaah nampaknya lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya, bahkan ada yang rela datang tiga hari sebelumnya.

Hingga berita ini ditulis jalan depan Sekumpul hingga memasuki komplek sudah bersiap melaksanakan Ashar berjamaah, yang akan dilanjutkan dengan shalat Maghrib. Sebab, prosesi haulan pun akan dimulai selepas shalat Maghrib hingga akhir.(jejakrekam)

 

Penulis Syarbani
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.