30 Persen Lebih Anggota PPS-PPK di Banjarmasin Diisi Kaum Hawa

0

BANJARMASIN sudah bersiap diri untuk menyongsong Pemilu 2019. Hal ini ditandai dengan pelantikan massal para penyelenggara pesta demokrasi di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjarmasin, Selasa (6/3/2018).

SEBANYAK 171 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dilantik Ketua KPU Kota Banjarmasin, Bambang Budiyanto.  Menariknya, dari 171 orang yang dilantik dengan mengenakan seragam hem putih dibalut celana hitam, terdapat lebih dari 30 persen dari kalangan perempuan.

Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah pun mengapresiasi terpenuhi keterwakilan perempuan dalam lembaga penyelenggara pemilu, bukan hanya di parpol peserta Pemilu 2019. “Ini merupakan sejarah bagi Banjarmasin, karena lebih dari 30 persen di PPS dan PPK diisi kalangan wanita,” ucap Hermansyah.

Mantan anggota DPRD Kalsel ini berharap asas pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil terpenuhi di Banjarmasin. Untuk itu, Hermansyah mengingatkan agar para anggota PPS dan PPK yang diambil sumpah dan dilantik telah memahami peran, fungsi, tugas dan kewenangannya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Banjarmasin, Bambang Budiyanto mengatakan seluruh anggota PPS dan PPK yang dilantik telah melewati serangkaian tes. Bahkan, para peminat panitia ad hoc itu cukupbesar, terbukti dari hasil tes tertulis, wawancara dan hingga dinyatakan lulus.

“Pembentukan kepanitiaan ini merupakan bagian dari tiga tahapan pemilu. Makanya, kami siap melaksanakan tahapan berikutnya hingga Pemilu pada 19 Aprl 2019 mendatang,” cetus Bambang.

Sementara itu, anggota KPUD Kalsel, Sukadji Budihardjo mengingatkan agar anggota PPK dan PPS yang baru dilantik bisa menyiapkan diri dalam melaksanakan tahapan Pemilu 2019. “Sebab, dalam Pemilu 2019 ini, ada lima kegiatan yang digelar yakni Pemilu DPRD kota, Pemilu DPRD provinsi, pemilihan anggota DPD, DPR RI dan Pemilu Presiden-Wakil Presiden,” ucapnya.

Ia berharap agar netralitas aparatur sipil negara (ASN) di Banjarmasin benar-benar terjaga, dan bisa bertindak andil terhadap semua kontestan Pemilu 2019 mendatang.(jejakrekam)

 

Penulis Sayyidil Ahmada
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.