jejakrekam.com

semua ada di sini

Friday 23rd February 2018

Denyut Seni Tradisi Japin Carita yang Terus Menggeliat

Denyut Seni Tradisi Japin Carita yang Terus Menggeliat

DENYUT berkebudayaan dan berkesenian di Kalimantan Selatan terus berdetak. Festival Japin Carita yang dihelat Komunitas Senin UIN Antasari Banjarmasin mendapat respon hangat. Apalagi, Kepala Dinas Pariwisata Kalsel Heriansyah mewakili Gubernur H Sahbirin Noor, langsung membuka festival seni tari pesisir itu berlangsung selama tiga hari sejak 16-18 Januari 2018 di Auditorium UIN Antasari Banjarmasin.

ATRAKSI tari dengan hentakan energik ini pun menjadi suguhan bagi para pencinta Banjar yang kaya sentuhan kultur Melayu dan Arab bernafaskan Islam. Japin Carita sendiri merupakan teater rakyat Kalimantan Selatan, yang berkembang dari perpaduan tari dan musik Japin.

“Saya mengapresiasi festival ini. Bagaimana pun, seni budaya menyampaikan pesan moral dan dakwah dengan menjunjungi tinggi nilai-nilai Islami. Hal ini tergambar dari tarian Japin Carita yang menggambarkan warisan para leluhur kita yang harus tetap dijaga dan dilestarikan,” tutur Heriansyah.

Kegembiraan Heriansyah cukup beralasan. Sebab, pentas seni Japin Carita ini pun memiliki daya magnet yang cukup kuat, terbukti khalayak ramai pun tak beranjak dari kursi untuk menonton atraksi tarian yang disuguhkan berbagai komunitas seni mahasiswa, umum dan pelajar. “Semoga festival semacam ini bisa mendongkrak dunia pariwisata Kalsel agar terus menasional, bahkan bisa menembus dunia internasional,” ucap Heriansyah.

Dalam even yang terhitung kelima kali dihelat Teater Awan Komunitas Seni UIN Antasari diikuti 20 peserta dari sanggar seni 13 kabupaten dan kota se-Kalsel. Menurut Desy Cahyanti, Ketua Panitia Festival Japin Carita,  tiap tahun gelaran seni tari ini terus bertambah pesertanya.

“Padahal, saat awal digelar, pesertanya hanya lima sanggar. Sekarang, terus bertambah dan menandakan Japin Carita masih digemari, khususnya di kalangan anak muda. Ini tak terlepas dari pesan moral yang disampaikan dalam Japin Carita,” tutur Desy Cahyanti.(jejakrekam)

Penulis : Asyikin

Editor   : Didi GS

Foto      : Asyikin

Tags: , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan