Gubernur Ingin Bangun Masjid Bambu Terbesar di Dunia

0

GUBERNUR Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor punya impian ingin memiliki masjid berbahan dasar bambu. Laiknya masjid-masjid yang sudah berdiri megah dari ordo poales atau family poaceae berjenis rumput-rumputan itu, di Cirebon, Jawa Barat atau Malaysia dengan sentuhan arsitektur bambu yang mendominasi.

DENGAN model yang unik, Gubernur H Sahbirin Noor pun yakin masjid yang terbuat dari bambu juga memberikan rasa sejuk dan nyaman bagi pengunjung. Bukan hanya menjadi tempat beribadah, tapi juga bisa menjelma menjadi destinasi wisata.

“Saya berencana untuk membangun masjid terbuat dari bambu yang terbesar di dunia. Ya, kita ingin masjid menjadi bagian dari program Kalsel untuk melestarikan bambu. Makanya, saya bercita-cita membikin masjid bambu terbesar di dunia. Apalagi, bambu merupakan jenis tanaman yang paling banyak menyimpan air,” papar Paman Birin-sapaan akrabnya, beberapa waktu lalu.

Lantas seperti apa bentuknya? Jebolan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Banjarmasin ini enggan membeberkannya, baik bentuk, lokasi dan arsitekturnya. “Ya, masih rahasia. Yang penting, masjid bambu ini memberi kejutan bagi Kalsel,” katanya.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Selatan, Nazaruddin Alkhaidar siap untuk mewujudkan cita-cita sang gubernur.

“Memang rencana itu belum masuk dalam program di Dinas PUPR Kalsel. Sebab, rencana gubernur ini sangat bagus, apalagi nantinya masjid itu bukan hanya jadi tempat ibadah tapi bisa menjadi kawasan wisata spiritual,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis : Sayyidil Ahmada

Editor   : Didi G Sanusi

Foto     : Youtube

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.