PKS Condong Jagokan Empat Calon Petahana

0

LANGKAH Partai Golkar yang lebih condong mengusung empat calon petahana dalam suksesi 2018 di Kalimantan Selatan, sepertinya juga ditiru Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Kongsi parpol besar pun hampir dipastikan akan terjadi di empat daerah yang menghelat pemilihan kepala daerah (pilkada) pada Juni 2018 nanti.

KOALISI yang digalang Partai Golkar bersama PKS di Pilkada Hulu Sungai Selatan (HSS) dengan mengusung duet H Achmad Fikry-Syamsuri Arsyad, hampir dipastikan akan kembali terjalin di tiga daerah lainnya.

“Kabar terakhir untuk Pilkada HSS, Partai NasDem juga akan bergabung dalam koalisi Partai Golkar dan PKS untuk mencalonkan calon petahana, Bupati HA Fikry bersama Ketua DPRD HSS, Syamsuri Arsyad,” ujar Sekretaris DPW PKS Kalsel, Awan Subarkah kepada jejakrekam.com di Banjarmasin, Selasa (24/10/2017).

Menurutnya,  satu kursi PKS yang ada di DPRD Tabalong juga lebih condong disalurkan untuk menyokong Bupati Anang Syakhfiani. Hal serupa juga diberikan partai dakwah ini untuk Bupati Tapin, HM Arifin Arpan dalam Pilkada 2018 mendatang. “Walaupun, satu kursi jelas PKS punya kekuatan massa di lapangan. Mereka akan kami gerakkan untuk memenangkan calon petahana dalam Pilkada 2018 mendatang,” cetus Ketua Komisi II DPRD Kota Banjarmasin ini.

Lantas bagaimana dengan suksesi Tanah Laut 2018? Awan mengakui saat ini, DPD PKS Tanah Laut masih melakukan penjajakan secara politik bagi figur-figur yang akan diusung dan didukung. “Untuk Tanah Laut, kami belum mengambil keputusan resmi. Ya, kita tunggu saja perkembangan politik di sana,” katanya.

Dia mengakui potensi calon petahana Bupati Tanah Laut, Bambang Alamsyah menjadi kandidat terkuat di lingkaran parpol yang ada di kabupaten itu sangat terbuka. Namun, Awan mengatakan PKS tetap berhitung secara politik dalam mengambil keputusan.

Untuk tercipta koalisi besar tercipta kembali dalam pesta lima tahunan itu di empat kabupaten tersebut, tak dipungkiri Awan. Menurutnya, PKS sebagai parpol pemenang Pemilu 2014 lalu di Kabupaten HSS, harus mempertahankan supremasi basis massanya sebagai modal pemenangan HA Fikry-Syamsuri Arsyad, termasuk menyambut Pemilu 2019 yang tinggal hitungan tahun itu.

“Setidaknya, posisi bakal calon Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad merupakan kader PKS. Ini membuktikan jika kader partai kami juga menarik minat parpol lain untuk mengusungnya bersama calon petahana, HA Fikry,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis : Fahriza

Editor   : Didi GS

Foto      : DPW PKS Kalsel

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.