Desa Gunung Hantalau Resmi Milik Pemkab Banjar

0

DESA Gunung Hatalau Meratus di Kecamatan Mantewe resmi diserahkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu kepada Pemkab Banjar. Ini menyusul rampungnya proses hukum yang mengatur batas wilayah antar kabupaten dan kota.

KESEPAKATAN ini disebutkan dalam rapat koordinasi (rakor) bersama seluruh kepala daerah di 13 kabupaten kota se Kalimantan Selatan (Kalsel) di Banjarbaru, Rabu (18/10/2017).

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor usai membuka kegiatan, meminta kepada pemerintah daerah yang masih bersengketa  untuk segera menyelesaikan masalah batas wilayahnya masing-masing.

Hal itu, menurut dia,  mengingat besarnya dampak terhadap daerah  bersangkutan, terutama tertib administrasi kependudukan yang sulit direalisasikan, akibat adanya sengketa. Sebab, beber Sahbirin, belum ada kepastian terhadap wilayah yang dihuni oleh penduduk setempat  karena masih terjadi klaim masing-masing. “Saya minta daerah yang masih ada sengketa untuk segera menyelesaikannya,” ucap  Paman Birin, panggilan akrabnya

Selain itu, beber dia, pemerintah daerah juga diharapkan memeriksa kembali dokumen batas wilayah serta melakukan pencocokkan di instansi terkait maupun Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri)

Tercatat, hingga pertengahan bulan ini, dari 26 sengketa wilayah antar kabupaten dan  kota. Di antaranya,  masih ada 6 kasus belum rampung, yakni Kabupaten Banjar dengan Kota Banjarbaru. Kabupaten Hulu Sungai Tengah dengan Kabupaten Kotabaru. Sedangkan, sengketa berkisar pada masalah saling klaim batas wilayah, sehingga kerap memakan waktu lama untuk merampungkannya. (jejakrekam)

Penulis : Ipik Gandamana

Editor   : Didi G Sanusi

Foto     : Boleh tanya.com

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.