Datangkan Instruktur asal Yogya, Pengrajin Anyaman Bamban Balangan Dilatih

0

UNTUK meningkatkan keterampilan dan mutu kerajinan anyaman dari bamban, Dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Dinas Perindustri Kabupaten Balangan melakukan pelatihan kepada para pengrajin lokal di Gedung Dekranasda Balangan, Paringin, Senin (15/5/2017).

SELAMA empat hari, ada 25 pengrajin yang akan dilatih secara khusus untuk mengasah keterampilan dan keahlian untuk menghasilkan produk yang lebih berkualitas serta bernilai ekonomis tinggi. Para pengrajin ini direkrut dari tiga kecamatan yakni Kecamatan Lampihong, Batumandi dan Tebing Tinggi.

Dalam acara pembukaan pelatihan tersebut, berhadir Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Balangan Hj Nursidah Nursidah Ansharuddin, perwakilan dari Dinas Perindustrian Provinsi Kalsel, Kepala Dinas Perindustrian Koperasi Balangan dan narasumber sekaligus instruktur dari YL Handycraft Yogyakarta.

Dalam kesempatan itu, Ketua TP PKK Balangan Hj Ansharuddin membacakan sambutan dari Kepala Dinas Perindustrian Kalsel. Ia menekankan pelatihan ini sangat penting dalam upaya menyinkronkan  program, kegiatan dan sasaran pembangunan antara Dinas Perindustrian provinsi dan kabupaten.

“Selain itu, pelatihan ini mempunyai makna yang sangat penting dalam upaya pemenuhan persyaratan kualitas dan kompetensi SDM, sekaligus untuk peningkatan daya  saing bagi industri, khususnya industri berbasis hasil hutan dan kerajinan,” ungkap Nursidah.

Sehingga, kata dia, dari pelatihan ini diharapkan tercipta sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten dan berkualitas dalam membuat desain anyaman bamban yang baik dan benar. Sasaran lainnya diharapkan mampu bersaing di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada 2018.

Istri Bupati Balangan ini berpesan agar para peserta pelatihan untuk semaksimal mungkin menyerap ilmu yang diberikan para narasumber.“Ambil semua pelajaran yang diberikan dan teruslah berkarya dengan membuat kerajinan yang berkualitas. Agar produk kita bisa dikenal dan bersaing, sehingga akhirnya turut memajukan daerah,” pungkas Nursidah.(jejakrekam)

Penulis  : Sugianoor

Editor    : Didi G Sanusi

Foto       : Sugianoor

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.