Bawa Dua Pistol, Turun dari Kapal, Pekerja Tambang Langsung Diamankan

POLISI mengamankan seorang pekerja tambang yang membawa dua pucuk pistol illegal, sesaat turun dari kapal laut di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Rabu (15/3/2017)  dinihari. Pembawa dua pucuk pistol ini, Yusdi Ghozali (47 tahun), warga Jalan Sampurna, Simpang Empat, Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu.

PELAKU diamankan sesaat turun dari Kapal Motor Nikkie Sae, yang ditumpanginya dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur. Diamankanya pelaku, berawal dari gerak-geriknya yang mencurigakan petugas saat pemeriksaan rutin.

“Saat digeledah, di tas yang dibawanya, anggota menemukan dua pucuk pistol tersebut. Tapi yang bersangkutan tidak memiliki surat izin kepemilikan senjata api,” kata Kapolresta Banjarmasin Kombe Pol Anjar Wicaksana kepada wartawan di Banjarmasin, Rabu (15/3/2017).

Dua pucuk pistol yang disita sebagai barang bukti itu, terdiri dari pistol merek Sig Sauer P226 buatan Jerman, lengkap dengan magazine berisi enam peluru tajam kaliber 38. Kemudian sepucuk pistol rakitan dari air softgun jenis FN merk Makarov buatan Rusia, beserta magazine berisi tiga peluru kaliber 32. Selain itu, juga di sita magazine kosong dan lima butir peluru tajam kaliber 32 dalam plastik klip.

Di hadapan kapolresta dan jajarannya, pria ini diminta menunjukan cara membongkar dan mengisi peluru pada magazine dua pucuk pistol tersebut. Kepada petugas, ia mengaku tidak tahu dan tidak pernah menggunakan pistol itu untuk menembak.

Kepada polisi, pria ini mengaku membeli pistol tersebut dari seseorang di Jakarta dan sengaja menumpang kapal laut dengan harapan lolos dari pemeriksaan. Dan rencananya dua pucuk pistol itu, hendak dijualnya kembali. “Kita masih mendalami keterangan yang bersangkutan, terkait penjual pistol tersebut. Dan kepada siapa ia hendak menjual,” kata Anjar. Pekerja tambang pembawa dua pucuk pistol ini, terancam dijerat UU Darurat No 12 Tahun 1951, tentang kepemilikan senjata api tanpa izin, dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara.(jejakrekam)

Penulis  : Deden

Editor    : Didi GS

Foto      :  Deden