Lakoni Safari Budaya, Utuh-Aluh HSS Kunjungi Seniman Pahuluan Kandangan

0

SAFARI budaya dilakoni Pawadahan Utuh Aluh Hulu Sungai Selatan (HSS) kepada sejumlah pelaku seni dan budayawan daerah di Kandangan, Senin (11/10/2021). Para duta budaya utusan Pemkab HSS ini ingin lebih mengenai seni dan budaya khas kabupaten itu.

BAILANG, badatang wan bakatahuan lawan budayawan di pahuluan menjadi misi dari para Utuh dan Aluh HSS tahun 2021 ini. Perwakilan Utuh HSS 2021, Nawaz Syarif mengungkapkan kedatangan mereka kepada para budayawan dan pelaku seni di HSS agar bisa lebih mengenal khazanah budaya pahuluan.

“Dengan kegiatan ini, kami berharap para pemuda bisa mengenal dan mencintai budayanya sendiri,” ucap Nawaz Syarif kepada awak media, Senin (11/10/2021).

Berkunjung ke Sanggar Seni Karamunting, Jalan HM Yusi Kandangan menjadi program bailang atau bertamu dilakukan para Utuh dan Aluh HSS. Di sanggar seni yang dibina Rahmat Saleh ini telah banyak menorehkan prestasi. Salah satunya, piala bergilir Gubernur Kalsel untuk kategori penyaji terbaik Festival Karya Seni Daerah tahun 2021.

BACA : Sandang Aluh HSS 2021, Mahasiswi Kedokteran ULM Ini Ajak Generasi Muda Jaga Budaya Daerah

Saat bersua dengan para Utuh dan Aluh, Rahmat Saleh pun berpesan agar generasi muda bisa lebih menggali budaya daerah khususnya pahuluan. “Kita harus mencintai tanah banyu (air) kita. Dengan begitu, akan tertanam rasa jiwa mencintai budayanya sendiri,” kata Ancol, sapaan akrab Rahmat Saleh.

Wakil III Pawadahan Utuh-Aluh HSS, M Taufik Hidayat mengakui dengan bertemu para pelaku seni dan budayawan bisa mendapat informasi utuh apa saja kekayaaan dan warisan budaya yang diwariskan para leluhur untuk dijaga dan dilestarikan.

“Kami melalui Pawadahan Utuh Aluh HSS juga mengkampanyekan pengurangan penggunaan botol plastik dalam setiap pertemuan. Termasuk dengan para budayawan dan pelaku seni. Karena ini menjadi agenda Pemkab HSS untuk mengurangi volume sampah plastik di daerah,” imbuh Taufik.(jejakrekam)

Pencarian populer:Sanggar karamunting
Penulis Iwan Sanusi
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.