Targetkan Medali Emas, 8 Atlet Sambo Kalsel Siap Bertanding Pada PON XXI Aceh-Sumut

0

PROVINSI Kalimantan Selatan siap mengirimkan 8 atlet cabang olahraga (cabor) Sambo, untuk bertanding dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh-Sumatera Utara (Sumut)

DELAPAN orang atlet tersebut terdiri dari 6 orang putera dan 2 orang puteri, dan dijadwalkan bertanding di Sumut, pada Senin (16/9).

Ketua Umum Persatuan Sambo Indonesia (Persambi) Kalsel, Muhammad Yani Helmi, mengaku cabor Sambo siap memboyong medali pada perhelatan olahraga yang diselenggarakan empat tahun sekali itu.

BACA : Ketum Persambi Kalsel Inginkan Atlet Sambo Kalsel Terus Berprestasi di Kancah Internasional

“Tentu saja saya optimis, karena atlet Sambo Kalsel sudah terbukti meraih banyak medali di kejuaraan tingkat nasional. Terakhir di Kejurnas Bandung, 6 atlet kita semuanya meraih medali. 4 emas, 1 perak dan 1 perunggu,” katanya, saat meninjau sesi latihan atlet Sambo Kalsel, di Banjarmasin, Selasa (10/9/2024).

Pria akrab disapa Paman Yani itu menyebut, atlet Sambo Kalsel bahkan sudah berkelas internasional. Pasalnya, ada beberapa atlet Sambo Kalsel yang sudah mewakili tanah air pada kejuaraan Sambo di Rusia dan Kazakhstan.

“Tempat latihan atlet kita juga sudah dilengkapi dengan peralatan yang cukup lengkap. Bahkan nanti saya akan mengusahakan agar fasilitas latihan mereka lebih lengkap lagi,” ujar Paman Yani yang baru saja dilantik kembali sebagai anggota DPRD Kalsel periode 2024-2029.

BACA JUGA : Diikuti Ratusan Peserta, Kejurprov Sambo Series II Kalsel Digelar

Sementara itu, Pelatih atlet Sambo Kalsel, Muhammad Noor Riady, mengaku empat dari delapan atlet Sambo Kalsel akan bertanding pada kelas Sport, sementara empat orang lainnya pada kelas Combat.

Riady mengungkapkan, seluruh atlet itu sudah berlatih sejak 8 bulan lalu untuk persiapan PON XXI Aceh-Sumut.

“Latihan terus kami lakukan, tetapi menjelang jadwal pertandingan ini kami kurangi latihan fisiknya untuk menjaga stamina mereka,” ungkapnya.

Riady mengaku tidak ada daerah yang patut diwaspadai pada PON XXI nanti, kecuali atlet luar yang memang sudah sering bertanding dalam ajang MMA.

“Kalau dari mental memang atlet Sambo Kalsel sudah sangat mantap, tetapi dari segi teknik dan kemampuan fisik masih terus kami asah,” jelasnya.

Untuk diketahui, atlet Sambo Kalsel akan mulai berangkat ke Sumut pada Jumat (13/9/2024), dengan target meraih banyak medali emas.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.