HUB Award 2024, Pemkab Tabalong Nominator Sistem Transportasi Berkelanjutan

0

INOVASI Langsat Manis, singkatan dari Layanan Angkutan Masyarakat Nyaman dan Gratis dalam kota yang digagas Dinas Perhubungan (Dishub) Tabalong sejak 2014 lalu, menuai prestasi.

GAGASAN inovasi tersebut, menghantarkan Pemkab Tabalong sebagai nominator untuk Nominasi Sistem Transportasi Berkelanjutan, kategori Kabupaten Sedang pada HUB Award 2024.

Penghargaan ini diberikan langsung Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi kepada Penjabat Sekda Tabalong, M Fitri Hernadi dan turut disaksikan Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, pada Jumat (6/9/2024) yang lalu.

BACA: Sediakan Angkot Gratis Langsat Manis, Pemkab Tabalong Raih Penghargaan Nasional

Kepala Dishub Tabalong, Tumbur P Manalu menyebutkan, seiring berjalannya waktu Langsat Manis kini telah melakukan pembaharuan dengan menyediakan layanan angkutan kota dalam provinsi (AKDP) yang ekonomis.

“Kita mengusulkan inovasi Langsat Manis dengan pengembangan Langsat Manis yang ekonomis,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (9/9/2024).

Langsat Manis yang merupakan layanan angkutan umum gratis dalam kota untuk masyarakat khususnya kalangan pelajar, kini telah berjumlah 54 unit armada. Melayani 18 trayek dengan jam operasional setiap hari, setiap angkutan dilengkapi driver berkompeten yang dilengkapi tanda pengenal.

“Layanan angkutan dalam kota ini unitnya APV yang merupakan sinergitas Pemda dengan CSR perusahaan,” jelas Tumbur P Manalu.

BACA JUGA: Tambah Armada, Pemkab Tabalong Kendalikan Inflasi Dengan Program Langsat Manis

Tumbur menambahkan, layanan angkutan antar kabupaten atau AKDP merupakan transformasi dari Langsat Manis, dengan 10 unit armada jenis Toyota Hiace teruntuk rute Tanjung-Banjarmasin dan sebaliknya.

Bahkan layanan AKDP bisa langsung antar jemput mulai dari tempat kediaman penumpang tanpa harus datang ke loket yang berada di Terminal Mabu’un dengan tarif yang telah ditentukan.

“Pemesanan bisa langsung by call melalui chat ke admin,” tambahnya.(jejakrekam)

Penulis hery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.