Pemkot Bakal Perbaiki Lapangan SDN Basirih 10 Banjarmasin

0

SETELAH viral di media sosial, akhirnya Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin bakal memperbaiki halaman SDN Basirih 10 Banjarmasin.

SEBELUMNYA, sekolah yang beralamat di Basirih Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan ini ramai menjadi perbincangan netizen, setelah foto upacara bendera di atas lapangan berlumpur viral.

Menanggapi hal ini, Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina sigap langsung meninjau lokasi sekolah tersebut, bersama Wakil Walikota Banjarmasin, Arifin Noor dan segenap jajaran Disdik Banjarmasin, Sabtu (10/8/2024).

Ia pun mengungkapkan, perbaikan halaman itu sudah diprogramkan dan disetujui dalam APBD Perubahan 2024. “Tadi sudah ketok palu di APBD Perubahan 2024, anggarannya sekitar Rp 200 juta,” ucapnya saat meninjau kondisi lapangan sekolah.

BACA: SDN Melayu 5 Terbakar, Sekolah Diliburkan Sepekan

“In syaa Allah, perbaikan akan dimulai dalam waktu sebulan atau awal September mendatang,” tambahnya.

Ibnu pun kembali menambahkan, sebenarnya rencana perbaikan telah direncanakan. Namun ternyata kondisi lapangan tersebut keburu viral di medsos. “Anggaran perbaikannya tidak terlalu besar. Dan lapangan ini pun pernah diuruk, tetapi terkikis akibat pasang surut air sungai,” jelasnya.

Lebih lanjut, ke depannya untuk rencana perbaikan nantinya di lapangan itu selain akan diuruk dengan pasir dan kerikil. Seperti yang dilakukan ketika dirinya meninjau.

Dimana, ini sebagai upaya penangganan darurat sementara, sebelumnya nanti perbaikan menyeluruh dilakukan. Di situ nantinya akan dibangun lapangan dengan sistem panggung, tujuannya agar air tak lagi menggenangi lapangan.

Lantas Kepala Sekolah SDN Basirih 10 Banjarmasin, Irnawati juga mengungkapkan, tentang kenapa aktivitas upacara di halaman harus dilakukan di tempat yang becek.

Karena dari pantauan di lapangan, jejakrekam.com menemui ada sebidang tanah yang telah diuruk dan dipadatkan.

Menjawab hal ini pun Irnawati menuturkan, bahwa pihaknya memang biasa atau rutin menggelar upacara dan olahraga di halaman tersebut. “Kami meminta maaf, bila ternyata hal itu yang justru membuat viral,” tutupnya.

BACA JUGA: Plafon dan Dinding SDN Belitung Selatan 7 Sudah Lapuk, DK Minta Disdik Banjarmasin Rehab Sekolah

Dari pihak Disdik Kota Banjarmasin pun juga telah menunjukkan komitmennya, untuk segeranya melakukan perbaikan menyeluruh pada halaman sekolah itu.

Salah satunya tadi adalah dengan menguruk sejumlah karung pasir dan kerikil di area becek lapangan. “Ini sebagai penanganan sementara. Ada dua pikap karung berisi kerikil dan pasir yang diletakkan di sini,” ucap Plt Disdik Banjarmasin, Ahmad Baihaqi.

Komitmen itu juga dituangkan dalam sebuah spanduk berlogo Disdik yang dipasang di tiang bangunan SDN Basirih 10 Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.