Plafon dan Dinding SDN Belitung Selatan 7 Sudah Lapuk, DK Minta Disdik Banjarmasin Rehab Sekolah

0

KONDISI plafon dan dinding bangunan SDN Belitung Selatan 7, Jalan Saka Permai Gang Abdul Hamid RT 13 RW 01, Kelurahan Belitung Selatan, Banjarmasin Barat yang sudah lapuk, dikeluhkan warga.

ATAP dari triplek itu tampak terkelupas. Begitu pula, dinding terbuat dari kayu juga mengalami pelapukan. Diduga karena umurnya sudah tua, dikhawatirkan bisa mengancam keselamatan anak didik saat mengikuti proses belajar mengajar di kelas.

“Sudah lama, kondisi bangunan SDN Belitung Selatan 7 ini belum dapat perbaikan. Terutama, plafom dalam kelas, kami khawatir itu akan mengancam keselamatan para peserta didik di dalam kelas,” ucap Ketua RW 01 Kelurahan Belitung Selatan, Muhammad Taufiq kepada jejakrekam.com, Jumat (10/2/2023).

Kondisi bangunan fasilitas pendidikan dasar yang berada di kawasan pemukiman padat penduduk itu juga kerap terdampak banjir rob. Terlihat dari halaman sekolah meski sudah dicor beton, tampak berlubang dan masih mengandung air bekas hujan atau banjir rob akibat luapan air sungai.

BACA : Jangan Mengulang Kasus Dermaga Apung Dan Film JSS, Ini Porsi Anggaran SKPD Terbesar Di Banjarmasin

“Kalau musim hujan, bukan hanya ruangan kelas atau ruang lainnya yang basah, halaman juga ikut becek. Ini jelas, menganggu aktivitas belajar mengajar, khususnya bagi murid di sekolah itu,” kata Taufiq yang juga tergabung dalam Dewan Kelurahan (DK) Belitung Selatan.

Untuk mengusulkan rehab atau perbaikan, Taufiq mengaku sudah melayangkan surat permohonan ke Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Nuryadi.  

“Namun, kami sesalkan sampai sekarang belum ada tanggapan serius dari pihak Disdik Kota Banjarmasin,” kata Taufiq.

BACA JUGA : Anggaran Disdik-Dinkes Terbesar, DPRD Banjarmasin Kawal Rencana Jembatan Sei Jingah Bisa Terwujud

Dia bercerita usulan perbaikan sebelumnya pernah disampaikan kepada Kepala Disdik Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto sebelum dipindah menjadi Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan (BKD Diklat) Kota Banjarmasin.

“Zaman Pak Totok, kami usulkan permohonan perbaikan untuk bangunan SDN Belitung Selatan 7 dalam musyawarah perencanaan pembangunaan (musrenbang) baik di tingkat kelurahan maupun kecamatan. Anehnya, jawabannya selalu jika anggaran perbaikan sekolah tak boleh diusulkan di musrenbang,” kata Taufiq.

BACA JUGA : Program Merdeka Belajar Segera Dijalankan, 16 Sekolah di Banjarmasin Jadi Percontohan

Kepala Disdik Kota Banjarmasin, Nuryadi memastikan akan segera menindaklanjuti laporan DK Belitung Selatan dengan survei lapangan.

“Sudah masuk dalam list kondisi bangunan yang rusak di data pokok pendidikan (dapodik). Dalam dapodik disebutkan hanya disebutkan kerusakan pada plafon dan dinding bangunan SD tersebut. Yang pasti, untuk rehab kita akan data kembali,” kata Nuryadi.

BACA JUGA : Dari Negeri hingga Swasta, 16 Sekolah di Banjarmasin Raih Penghargaan Adiwiyata 2021

Untuk diketahui, alokasi anggaran untuk Disdik Kota Banjarmasin pada APBD Banjarmasin 2023 termasuk terbesar di antara satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Urutan teratas ditempati Disdik Kota Banjarmasin dengan porsi anggaran mencapai Rp 416,5 miliar lebih bersumber dari APBD Banjarmasin. Ini setelah, dalam pembahasan bersama Badan Anggaran-Tim Anggaran Pemerintah Daerah ditambah Rp 3,16 miliar, dari usulan pagu rancangan RAPBD 2023 awalnya Rp 413,3 miliar lebih.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.