Masyarakat Bersama Pemkot Banjarmasin Antusias Olah Bubur Asyura

0

PEMERINTAH Kota Banjarmasin bersama TP-PKK turut memeriahkan peringatan 10 Muharram 1446 Hijriyah, dengan menggelar tradisi mengolah Bubur Asyura, Selasa (16/7/2024).

PROSES ‘mengawah’ kali ini, dilaksanakan di Halaman Rumah Sasirangan Kreatif (RSK) Banjarmasin dengan melibatkan puluhan ibu-ibu yang tergabung dari lima kecamatan se- Banjarmasin, yang juga dihadiri oleh Walikota H Ibnu Sina, dan Ketua TP PKK Banjarmasin, Hj Siti Wasilah.

Tidak hanya mengunjungi, pasangan Walikota Banjarmasin ini juga ikut berpartisipasi dalam mengaduk bubur. “Ini merupakan tradisi yang dilaksanakan untuk menyambut hari Asyura dan dilaksanakan di setiap kampung, dari tingkat RT hingga RW,” ujar Ibnu Sina.

BACA: Tradisi Bubur Asyura Di Tanah Banjar Serta Sejarah Dibaliknya

“Ibu-ibu PKK ini merupakan perwakilan dari lima kecamatan dan kita sangat mengapresiasi peran perempuan, wanita, dan ibu-ibu PKK dalam melaksanakan acara bubur Asyura ini. Bubur ini nantinya akan dibagikan ke masyarakat secara gratis di sekitar RSK atau wilayah Banjarmasin,” sambungnya.

Ibnu berharap, tradisi ini dapat mempererat masyarakat karena biasanya ibu-ibu ini bekerja sama dalam mengolah bubur dan membagikannya kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan tradisi ini bisa dipertahankan dan menjadi bagian dari kehidupan di Kota Banjarmasin. Tahun ini, kita menyiapkan 600 kotak bubur, tetapi jumlahnya bisa lebih banyak sesuai kebutuhan masyarakat yang datang,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.