Emak-Emak Yasinan Bunyamin 1 Masak 6 Kawah Bubur Asyura Dan Santuni 112 Anak Yatim

0

AGENDA tahunan memperingati Hari Asyura pada 10 Muharram 1446 Hijriyah, kembali dilakoni emak-emak Komplek Bunyamin Permai 1 RT 14, Desa Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar.

PARA ibu yang tergabung dalam yasinan dan majelis pengajian Masjid Ashabul Yamin ini, memaknainya dengan memasak bubur Asyura.

Hidangan tradisional berbahan utama beras dengan beraneka sayur, daging, ayam dan bumbu rempah yang kerap disebut 41 macam ini, dimasak dalam jumlah 6 kawah. “Tahun ini, kami masak bubur Asyura dari bahan dasar 29 liter beras,” ucap Ketua Yasinan Komplek Bunyamin Permai 1, Hj Siti Aisyah Sanusi, kepada jejakrekam.com, Rabu (17/7/2024).

BACA: Tradisi Bubur Asyura Di Tanah Banjar Serta Sejarah Dibaliknya

“Dari pagi hingga memasuki waktu Zuhur, kami para emak-emak ini bergotong royong meracik bumbu dan aneka sayur dalam kawah besar. Hingga bubur Asyura yang telah masak dibagikan kepada anggota kelompok yasinan, warga komplek dan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Selain memasak bubur Asyura, jamaah yasinan Bunyamin Permai 1 juga menyantuni para anak yatim di kampung-kampung. “Ada 112 anak yatim yang kami santuni. Dana dikumpulkan dari anggota yasinan dan para dermawan lainnya,” tutur qariah senior Kalsel ini.

Hj Siti Aisyah Sanusi merincikan pula, bubur Asyura yang dimasak dalam 6 kawah telah dibagikan. “Sebab, ada 1 kawah khusus dengan lauk daging ayam, dan 5 kawah lainnya khusus daging sapi,” tuturnya.

Menurut Aisyah, jamaknya tradisi tahunan agenda pembuatan bubur Asyura merupakan kegiatan rutin. Aisyah menyebut telah 18 kali jamaah yasinan Bunyamin Permai 1 melakoni hal itu. Sedangkan, santunan bagi anak yatim itu sudah 14 kali dijalankan.

“Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan dengan lancar berkat dukungan Ketua RT 14, H Suryananor dan juga Ketua Masjid Ashabul Yamin, Bapak Khairil Anwar,” imbuh Aisyah.

Sementara itu, Ketua RT 14, Desa Kertak Hanyar, H Suryananor mengapreasiasi kegiatan emak-emak terutama dalam pembuatan bubur Asyura ini. “Saya selalu mendukung apa yang dilakukan oleh mereka, demi memupuk silaturahmi di komplek ini,” ujarnya.

“Semoga kegiatan ini terus berlanjut dari tahun ke tahun,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.