Targetkan Kerjasama Internasional, Sasirangan Ditonjolkan Sebagai Unggulan Produk Lokal Banjarmasin

0

DORONG kerajinan dan produk asli Banjarmasin dapat bersaing di tingkat Nasional hingga Internasional, Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin berpartisipasi pada acara Indonesia Maju, Expo & Forum 2024 yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri.

ACARA yang diadakan di Assembly Hall Jakarta Convention Center, dari tanggal 4 hingga 7 Juli ini, dikatakan oleh Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman adalah kesempatan untuk bisa menyebarluaskan produk khas Banjarmasin.

“Pameran ini sangat penting bagi kita untuk menenyebarluaskan berbagai produk kita,” ucap Ikhsan, selepas acara pembukaan Indonesia Maju, Expo & Forum Tahun 2024, Kamis (4/7/2024).

“Baik itu berkaitan dengan sasirangan ataupun produk yang dibuat oleh UMKM binaan kita,” tambahnya.

BACA: Ikut Pameran di Kota Batam, Dekranasda Banjarmasin Boyong Kain Sasirangan dan Penganan Ringan

Disamping itu, Ikhsan juga menerangkan ada beberapa event yang diikuti oleh Pemkot Banjarmasin dalam gelaran Indonesia Maju, Expo & Forum Tahun 2024 ini, seperti festival kultur, bisnis matching, dan lainnya.

Beberapa hal itu dikatakannya dapat menjadi nilai penting, dalam rangka menyebarluaskan dan meningkatkan nilai produk lokal yang dimiliki Banjarmasin. “Yang pasti tujuannya agar masyarakat di setiap daerah-daerah bisa tahu apa yang menjadi produl unggulan kita,” ujarnya.

Pada expo ini, produk unggulan yang ditawarkan oleh stand Banjarmasin sendiri adalah kain sasirangan kemudian kerajinan purun, hingga kuliner.

Di sisi lain dari gelaran ini, Ikhsan berharap dapat menarik minat para investor untuk melakukan kerjasama. Berlaku baik itu untuk investor dalam negeri hingga internasional. “Itulah kenapa di sini ada bisnis matching, dimana ini dapat mempertemukan daerah-daerah yag saling membutuhkan,” jelasnya.

“Mungkin ada daerah yang membutuhkan kerajinan sasirangan, dan kita membutuhkan suatu kerajinan dari daerah itu. Ini bisa menjadi kerjasama,” sambungnya.

“Harapan begitu, Jadi Indonesia Maju ini tidak hanya untuk wilayah Indonesia. Tapi juga membuka peluang ke luar negeri,” tandasnya.

BACA JUGA: Dari Even BSF, Pemkot Banjarmasin Target Kain Sasirangan Tembus Pasar Nasional dan Internasional

Hal senada juga diutarakan, Kepala DPMPTSP Banjarmasin, Ari Yani. Ia berharap, pameran ini menarik minat investor.

Disinggung peningatan investasi di Banjarmasin, Ari menyatakan, peningkatannya belum begitu signifikan. “Tapi kalau ke arah meningkat, tentu ada. Berapa persentase peningkatannya, kami belum menghitungnya,” ujarnya.

Yang masih diupayakan, adalah bagaimana bisa memarik banyak investor. Salah satunya, dengan ikut expo. “Adanya pameran ini adalah ajang promosi,” tekannya.

Ia berharap, investor yang datang nantinya tidak hanya berfokus pada pembangunan tempat usaha. Tapi, juga merangkul para pelaku UMKM, misalnya perajin sasirangan. “Agar membawakan dampak yang lebih besar lagi bagi para perajin sasirangan untuk ke depannya,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Fery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.