Pemkab Barito Utara Tanam Cabai Bersama Kelompok Tani Rindu Alam

0

PENJABAT Bupati Barito Utara, Muhlis bersama jajaran unsur kepala perangkat daerah dan Forkopimda setempat, melaksanakan tanam cabai bersama kelompok tani Rindu Alam Desa Bayas, Kecamatan Teweh Tengah, Rabu (19/6/2024).

JUMLAH bibit yang ditanam pada kegiatan tanam bersama yaitu, untuk cabai besar sebanyak 5.000 bibit dan cabai rawit 1.500 bibit, yang ditanam pada luas lahan kurang dari 1 hektar dengan potensi produksi cabai besar sebanyak 10 ton per hektar.

Muhlis menyampaikan, sektor pertanian khususnya sub sektor tanaman hortikultura memegang peranan penting dan strategis dalam membangun perekonomian di Kabupaten Barito Utara.

BACA: Dinas Pertanian Barito Utara Bersama Kelompok Tani Pusaka Bura Panen Tomat

Menurut Muhlis, Dalam rapat tim pengendali inflasi daerah (TPID), beberapa komoditas hortikultura juga berkontribusi dalam pembentukan IPH indeks perkembangan harga salah satunya komoditas cabai.

Dikatakannya, peningkatan produksi dan perkembangan usaha tani cabai perlu terus diupayakan, karena berperan sebagai penyedia pangan daerah dan membuka lapangan kerja bagi para pemuda dan masyarakat di pedesaan.

Pada kesempatan itu, Muhlis juga mengharapkan kepada seluruh instansi terkait dan para insan pertanian agar berperan aktif untuk terus mengawal program pembangunan pertanian agar bisa berjalan sesuai dengan apa yang harapkan yaitu swasembada pangan serta dapat mengendalikan inflasi.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara, Ir Sugeng menyampaikan, kegiatan tanam cabai bersama ini dilaksanakan bersama kelompok tani Rindu Alam, Desa Bayas, Kelurahan Lanjas, Kecamatan Teweh Tengah.

BACA JUGA: PT BEK Pamerkan Sejumlah Program Pemberdayaan Masyarakat

Kegiatan tanam bersama ini juga merupakan dukungan dan upaya peningkatan produksi, dimana berdasarkan data Susenas Tahun 2023 konsumsi cabai rawit penduduk Kabupaten Barito Utara untuk satu orang sebesar 0,04 kg per minggu, atau 2,08 kg per tahun. Sehingga kebutuhan konsumsi cabai untuk kabupaten Barito Utara Tahun 2023 sebesar 334,05 ton.

Dikatakan Sugeng, produksi cabai rawit yang ada di Kabupaten Barito Utara adalah sebesar 90,402 ton, sehingga terjadi kekurangan atau defisit sebesar 243,603 ton per tahunnya.

Oleh karena itu, harus ada upaya yang dilakukan baik oleh dinas pertanian dalam membangun sektor pertanian khususnya komoditas holtikultura, seperti peningkatan program sarana prasarana fisik yang dilaksanakan pada tahun anggaran 2024. Antara lain adalah jalan usaha tani, irigasi tanah air dangkal, embung penampung air dan pengadaan alsintan, pengadaan benih holtikultura dan pengadaan pupuk non subsidi.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.