Warga Tanta Gelar Aksi Bersih Sungai Mangkusip

0

PULUHAN warga di Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong menggelar aksi menjaga lingkungan dengan bersih-bersih sungai, Senin (10/6/2024).

CAMAT Tanta, Ady Fajar menyebut, pentingnya menjaga kebersihan sungai, sehingga ini dilakukan sebagai upaya menumbuhkan kepedulian masyarakat. “Kami melakukan pembersihan sungai Mangkusip, tepatnya di Desa Luk Bayur RT 3, Kecamatan Tanta,” ungkapnya.

Ady Fajar menjelaskan, aksi peduli lingkungan ini hanya difokuskan di satu lokasi saja, yakni di Desa Luk Bayut RT 3, karena kondisi arus sungai yang tersumbat oleh sampah-sampah. Yakni mulai dari potongan bambu, semak belukar, plastik yang menumpuk di satu titik dan mengganggu aliran sungai.

BACA: Terjunkan 26 Lanting, Komunitas Pencinta Alam Siap Bersihkan Sungai Tabalong dari Sampah

“Untuk itu hari kita fokus satu titik karena sudah lama tumpukan ini sampai sangat dalam ke bawah,” jelasnya.

Pihaknya juga bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabalong dengan menyiapkan sejumlah truk pengangkut sampah. “Kami menyiapkan truk-truk dari DLH untuk mengangkut sampah ini,” lanjut Ady.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut bukan menjadi tujuan utama namun sebagai salah satu memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai. “Itu edukasi yang lebih penting dibanding pelaksanaan kita hari ini,” tambahnya.(jejakrekam)

Penulis hery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.