Relawan UPBS Tabalong Ikuti Pelatihan Teknis Potensi SAR

0

PENJABAT Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah membuka secara resmi pelatihan teknik potensi SAR Medical First Responder (MPR) TA 2024, Senin (10/6/2024).

PELATIHAN potensi SAR ini digelar selama sepekan di Balai Rakyat Dandung Suchrowardi, oleh Basarnas Banjarmasin yang diikuti para relawan unit penanggulangan bencana swadaya (UPBS) se-Kabupaten Tabalong.

Puluhan relawan UPBS di Tabalong ini dibekali teknis dasar keterampilan pada pertolongan pertama ketika menangani musibah bencana. “Begitu ada kejadian mereka (peserta) bisa memberikan penanganan awal,” ungkap Kepala Basarnas Banjarmasin, I Putu Sudayana.

BACA: Tingkatkan Ketangkasan, UPBS se-Tabalong Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana

Adapun materi yang diberikan dalam pelatihan ini yakni bagaimana para peserta menangani korban yang mengalami patah tulang. Dalam penanganannya peserta akan diberikan pengetahuan sistem fiksasi dan cara pembidaian untuk mengurangi cidera baru disekitar bagian tulang yang patah.

Lalu, materi penanganan terkait korban yang mengalami cidera jaringan lunak, luka-luka tertutup dan terbuka bahkan upaya memberikan napas buatan. “Semua itu teknik pertolongan pertama akan kita berikan,” ujar Putu.

Ditambahkannya, setelah peserta mengikuti pelatihan ini pada 14 dan 15 Juni 2024 akan diuji pihak Basarnas Pusat untuk mendapatkan sertifikat kompetensi. “Kalau sudah lulus, mereka ini tidak hanya dibutuhkan di Tabalong saja, tetapi bisa berkontribusi di seluruh Indonesia dengan sertifikat ini,” tambahnya.(jejakrekam)

Penulis hery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.