O2SN Tingkat SD/SMP Resmi Dibuka, Wahana Melahirkan Generasi Sehat dan Tangguh

0

GUBERNUR Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Agus Dyan Nur membuka acara Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan jenjang SD dan SMP Tahun 2024, Jumat (7/6/2024).

PEMBUKAAN O2SN yang digelar di Aula Sultan Suriansyah BPMP Provinsi Kalsel ini, mengusung tema ‘Merdeka Berprestasi, Talenta Olahraga Menginspirasi’. Diikuti sebanyak 150 atlet pelajar SD dan SMP se-Kalsel, yang akan berlangsung pada 7 hingga 12 Juni 2024.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Agus Dyan Nur, gubernur mengucapkan selamat dan sukses atas penyelenggaraan oleh BPMP Kalsel. Diharapkan kegiatan olahraga ini dapat mencetak para pelajar yang akan menjadi atlet profesional, unggul dan berdaya saing kedepannya.

BACA: Buka O2SN SD/SMP Se-Kalsel, Paman Birin: Bekal Anak Jadi Generasi Berkualitas, Berdaya Saing Dan Sportif

“Olahraga pelajar SD dan SMP ini merupakan kegiatan yang sangat penting untuk pembinaan generasi nantinya. Kegiatan ini juga tidak hanya melahirkan para atlet kita, tetapi dapat membangun nilai-nilai karakter dan kedisiplinan,” ungkap gubernur.

Generasi muda disebut sebagai kunci harapan ke depan untuk membangun Banua. “Kepada para guru, pelatih atau pembina, diucapkan terima kasih atas dedikasi dan kerja kerasnya selama ini, yang diberikan untuk mengajar serta mendorong pelajar dalam menggali potensinya,” ungkapnya.

Gubernur Sahbirin juga mengingatkan, bahwa kemenangan bukanlah sesuatu yang harus dikejar, akan tetapi mampu membuat kepribadian baik, serta melatih untuk menghadapi setiap tantangan. “Saya percaya melalui olimpiade olahraga ini, akan melahirkan generasi yang sehat dan tangguh,” ucapnya.

Sementara itu Kepala BPMP Kalsel, Yuli Haryanto menyampaikan, bahwa semangat kebersamaan dan gotong-royong perlu dibangun antar sesama untuk meramaikan kegiatan ini.

BACA JUGA: Atlet Balangan Harumkan Nama Kalsel di Kejuaraan Pencak Silat O2SN Jakarta

Disampaikan Haryanto, tujuan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan para siswa di daerah agar bakatnya terasah dengan baik. Adanya event olaraga ini, ia berharap agar para atlet daerah dapat maju ke kancah nasional.

“Supaya mengharumkan nama Banua kita tercinta. Mari kita pupuk semangat adik-adik kita dalam ajang olahraga ini, sehingga nantinya dapat membanggakan daerah kita,” tandasnya.

Disebutkan, cabang olahraga (cabor) yang digelar sebanyak 6 lomba. Yaitu bulutangkis, senam, renang, atletik, karate dan pencak silat. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Dekan Fakultas FKIP ULM Banjarbaru, dan sejumlah perwakilan dari Disdikbud kabupaten/kota di Kalsel.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.