Barito Utara Ikuti Lomba Perahu Hias di Festival Isen Mulang 2024

0

PEMERINTAH Kabupaten Barito Utara antusias mengikuti lomba perahu hias, dalam Festival Budaya Isen Mulang 2024 yang dilaksankan di Kota Palangka Raya, Senin (20/5/2024).

KEGIATAN lomba perahu hias kali ini, diikuti kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah, yang dibuka secara resmi oleh Plh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Provinsi Kalimantan Tengah, Herson Aden.

BACA: Kontingen Barito Utara Ikuti 26 Cabang Lomba FBIM Di Palangka Raya

Kadis Budparpora Kabupaten Barito Utara, Hj Annisa Cahyawati meyampaikan, hal ini bertujuan untuk meningkatakan bidang pariwisata serta menumbuhkan rasa kecintaan terhadap budaya yang ada di Kalimantan Tengah.

Adapun tema yang dibawa Kabupaten Barito Utara tradisi potong hompong, yakni peyambutan tamu yang baru saja menginjakan kaki di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan, yang biasanya dilakukan oleh masyarakat suku Dayak di Kabupaten Barito Utara.

Menurut Hj Annisa, potong hompong diperuntukan sebagai penghormatan kepada tamu, sekaligus kilas balik peninggalan nenek moyang yang terus dilestarikan, dengan semboyan daerah Iya Mulik Bengkang Turan.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.