Kelola Sampah Domestik, Pemkab Tanbu-PT ITP Jalin Kerjasama

0

PEMKAB Tanbu dan PT Indocement Tunggal Prakarsa (PT ITP) berlanjut menjalin kerjasama upaya pengolahan sampah domestik menjadi bahan bakar alternatif.

SELASA (5/3/2024), dilakukan penandatanganan pembaharuan perjanjian kerjasama Pemkab Tanbu dan PT ITP, dalam penyediaan bahan bakar dari sampah domestik.

BACA JUGA: Pemkab Tanbu Tetapkan 26 Lokus Stunting

Penandatanganan oleh GM AFAM PT ITP, Soegito C Kurniawan, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tanbu, Rahmat Prapto Udoyo, disaksikan Sekretaris Daerah Tanah Bumbu, Ambo Sakka.

Kepala DLH Tanbu mengungkapkan, pembaharuan kerjasama kelanjutan dari MOU sebelumnya, serta dari PKS uji coba yang telah dilakukan sebelumnya.

BACA JUGA: Sejahterakan Petani, Sambut IKN Melalui Program Pemkab Tanbu 2024

Melibatkan pengolahan sampah domestik menjadi BBA RDF di TPA Sei Dua Kecamatan Simpang Empat, dengan PT ITP Tarjun Kotabaru sebagai penerima produksi.

Tujuan utama mengelola sampah secara lebih optimal di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), khususnya di TPA Sei Dua, dengan mengurangi jumlah sampah yang masuk ke dalam sel aktif, sehingga umur TPA menjadi lebih panjang.

BACA JUGA: Bupati Tanbu Keluarkan SE THM Wajib Tutup Selama Bulan Ramadan

Sampah yang diangkut dari TPS-TPS dipilah kembali petugas sesuai dengan persyaratan dalam PKS, kemudian dipress dan diolah menjadi BBA RDF.

BBA RDF merupakan hasil pengolahan sampah yang dikeringkan untuk menurunkan kadar airnya hingga di bawah 20% dan meningkatkan nilai kalornya. Hal ini mengurangi penggunaan bahan bakar fosil batubara dalam proses pembakaran di pabrik semen PT ITP Tarjun Kotabaru.

BACA JUGA: Pemkab Tanbu Gelar HUT ke-21 pada 20 April hingga 4 Mei 2024

Ini juga dukungan terhadap pencapaian Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) dalam meraih Piala Adipura Kategori Kota Kecil ‘BATULICIN’ 2023, yang diterima 5 Maret 2024.

Inovasi dalam pengolahan dan pemanfaatan sampah sebagai energi alternatif, serta mendukung upaya pengurangan sampah optimal di Tanbu. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.