Hidmeteorologi, BPBD Tanbu Luncurkan Cewe Medsos

0

BADAN Penanggulangan dan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan instansi terkait, di ruang rapat kantor BPBD Tanbu, Kamis (7/12/2023).

RAKOR untuk menghadapi Hidmeteorologi (banjir, banjir bandang, puting beliung, gelombang pasang air laut/ROB, dan tanah longsor).

BACA JUGA: Dinkes Tanbu Sosialisasi Pencegahan HIV/AIDS

Kepala Pelaksana BPBD Tanbu, Sulhadi melalui Sekretaris BPBD Dwi Kesuma Putra, menyebutkan, berdasarkan prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kalsel, untuk wilayah Tanbu akan memasuki musim penghujan yang diperkirakan berpotensi terjadinya bencana Hidmeteotologi.

“Potensi bencana hidmeteorologi diperkirakan bulan Desember 2023 dan awal Januari 2024 yang berdampak pada Tanbu,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, tujuannya mempersiapkan secara dini langkah-langkah menghadapi potensi Hidmeteorologi dan bekerjasama antara stakeholder penanggulangan bencana.

BACA JUGA: Rapurna TMMD ke-44 Tahun 2023 Dihadiri Bupati Tanbu

BPBD juga melaunching Cewe Medsos (Call Center, Website dan Media Sosial). Sebagai dari aksi perubahan Dwi Kesuma Putra, pada pelatihan kepemimpinan administrator (PKA) angkatan VIII BPSDMD Kalimantan Selatan.

“Inovasi ini sebagai bentuk optimalisasi penerimaan dan penyebarluasan informasi kebencanaan melalui cewe medsos,” tambahnya.

BACA JUGA: Dispersip Tanbu Buka Program ‘Perpustakaan Seru’

Inovasi ini, harapnya, dapat meningkatkan respon time penanganan melalui pelayanan pengaduan kejadian bencana yang terpadu ke satu Nomor Call Center. Hadir SKPD terkait, TNI, perwakilan Camat dan Basarnas. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.