Diduga Ada KKN Dalam Penganggaran Pembebasan Lahan, Kaki Kalsel Gelar Demonstrasi Ke DPRD Kota Banjarmasin

0

KOMITE Anti Korupsi Indonesia (KAKI) Kalimantan Selatan (Kalsel), menggelar aksi demonstrasi di Kantor DPRD Kota Banjarmasin, Jumat (1/9/2023).

DALAM aksi tersebut, Kaki Kalsel meminta informasi terkait anggaran pembebasan lahan proyek pembangunan terminal baru, di kawasan Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, dan pembebasan tanah untuk kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kawasan Basirih.

Ketua Kaki Kalsel H Akhmad Husaini mengatakan, demonstrasi digelar karena banyak informasi beredar di masyarakat, bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin mengadakan penganggaran pembebasan tanah tahun 2022-2023.

BACA: Diminta Lengkapi Data, LSM KAKI Bakal Sambangi KPK untuk Sampaikan Dugaan Korupsi di Kalsel

“Dalam pembahasan yang dilakukan oleh dinas terkait ada dugaan KKN, karena pagu nya Rp 23 miliar. Pagu yang besar ini pemilik tanahnya diduga adalah salah satu oknum anggota DPRD Kota Banjarmasin dan keluarganya, yang luasnya hanya 2 hektar saja,” paparnya.

“Oleh karena itu, Kaki Kalsel mendesak kepada DPRD Kota Banjarmasin, agar membuka secara terang benderang terhadap pengadaan tanah tersebut. Masyarakat berhak mempertanyakan hal tersebut dan bukti-bukti akan diserahkan Senin 4 September mendatang,” ucapnya.

“Ini suasana pemilihan kepala daerah, tiba-tiba saja banyak pembebasan tanah, bisa saja ini moment mencari dana untuk digunakan biaya-biaya pilkada,” tegasnya.

BACA JUGA: Gelar Aksi di BPK RI Kalsel dan Kejari Banjarbaru, Ini Permintaan KAKI Kalsel

Menyikapi aksi tersebut, Anggota DPRD Kota Banjarmasin Afrizal memastikan tidak semua anggota banggar terlibat, pihaknya tidak menolak dan juga tidak menerima pernyataan tersebut, kalaupun ada hanya oknum.”Kami sangat mendukung sikap Kaki Kalsel hari ini dan jangan ragu-ragu, kalau memang ini terbukti kita bersama-sama melaporkan ini ke KPK,” imbuhnya.

DPRD Kota Banjarmasin merupakan lembaga yang mewakili aspirasi masyarakat, jadi jangan sampai kita mencederai kepercayaan masyarakat. “Jadi kami harus membuktikan juga, bahwa kami di DPRD bekerja dengan baik dan lurus. Namun terkait ada oknun-oknum yang mungkin memanfaatkan lembaga ini, kami tidak bisa mengantisipasi itu, karena kita tidak bisa mengatur orang-perorang, tapi kami mempunyai kewajiban untuk menjaga nama baik lembaga ini,” katanya.

Sementara itu, Matnor Ali menambahkan, pihaknya akan segera menindak lanjuti dan akan menelusuri permasalahan ini. “Senin depan akan kami sampaikan, kami akan berkoirdinas ke pemangku kepentingan, yakni Pemerintah Kota Banjarmasin,” tutupnya.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/09/01/diduga-ada-kkn-dalam-penganggaran-pembebasan-lahan-kaki-kalsel-gelar-demonstrasi-ke-dprd-kota-banjarmasin/,https://jejakrekam com/tag/lsm-kaki-kalsel/#:~:text=KOMITE Anti Korupsi Indonesia (KAKI terkait anggaran pembebasan lahan proyek…
Penulis Iman Satria
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.