Kloter “Sapu Jagat’ Tiba di Debarkasi Banjarmasin, Masa Pemulangan Jamaah Haji Berakhir

0

MASA operasional pemulangan jamaah haji Debarkasi Banjarmasin tahun 2023 resmi berakhir dengan kedatangan jamaah haji kloter terakhir “Sapu Jagat” Kloter 17 yang berasal dari daerah Kalsel (Banjarmasin, HSS, Kotabaru,Tanah Laut, Balangan, Banjar, Tapin, Banjarbaru) dan Kalteng (Kotawaringin Timur), Kamis (3/8/2023).

DIKETAHUI sebelumnya, pada masa pemberangkatan jumlah jemaah haji Embarkasi Banjarmasin yang telah diberangkatkan sebanyak 5.708 yang terbagi dalam 18 Kloter. 

“Untuk kloter 18 sebagai kloter tambahan telah dipulangkan lebih dulu pada 28 Juli 2023 kemarin, sehingga kloter 17 karena kedatangannya paling akhir maka menjadi penutup pemulangan jamaah haji Debarkasi Banjarmasin tahun ini,” ungkap Kepala Kanwil Kemenag Kalsel Muhammad Tambrin, saat menyambut kedatangan jamaah di Aula Jedah UPT Asrama Haji di Banjarbaru.

BACA : Tiba Di Kota Tanjung, Ratusan Jamaah Haji Tabalong Disambut Sekda Hj Hamida Dan Sanak Keluarga

Tambrin menyebutkan, jumlah total jamaah haji dan petugas yang yang sudah tiba di Kalimantan Selatan sampai dengan kloter 17 ditambah 1 kloter tambahan yaitu kloter 18 berjumlah 5.685.

“Sisanya meninggal 19 dan masih dirawat di Saudi 4 orang, jamaah haji masih di rawat di Saudi dan akan dipulangkan kalau sudah memungkinkan,” katanya.

BACA JUGA : Jamaah Haji Lansia Tertua Asal Kotabaru Tutup Usia Saat Berada Di Mina Arab Saudi

Selanjutnya, selaku Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Banjarmasin Tambrin mengucapkan terima kasih kepada semua PPIH Embarkasi/Debarkasi Banjarmasin baik yang terlibat secara langsung atupun tidak langsung pada proses pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji Embarkasi Banjarmasin Tahun 2023.

“Terimakasih kepada semuanya, atas koordinasi dan kerjasama yang baik kita dapat menyelesaikan dan memberangkatkan dan memulangkan sejumlah 18 kloter, hanya Allah yang bisa membalas dan menghitung kontribusi dan sumbangsih saudara semuanya sehingga operasional penyelenggaraan ibadah haji Tahun 2023 dapat terlaksana dengan lancar dan baik,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Sheila Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.