Peringati Hari Lingkungan Hidup, Pemkab Banjar Tanam Bibit Pohon Zaitun, Delima Hingga Kurma

0

PEMERINTAH Kabupaten Banjar memperingati hari lingkungan hidup sedunia di kawasan Air Santri Desa Murung Kenanga, Martapura Kabupaten Banjar, Rabu (7/6/2023).

SAMBUTAN tertulis Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya yang disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah menerangkan pemerintah telah mengambil langkah mengurangi sampah plastik melalui regulasi seperti UU Nomor 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah, Peraturan Pemerintah Nomor 81 tahun 2012 tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sejenisnya, serta Peraturan Pemerintah Nomor 27 tahun 2020 tentang pengelolaan sampah spesifik.

”Regulasi ini mencakup penanganan sampah mulai dari hulu hingga hilir dan berlaku bagi produsen, masyarakat umum dan pemerintah daerah,” ungkapnya.

BACA : Peringati Puncak Hari Lingkungan Hidup, Bank Kalsel Dukung 3500 Bibit Mangrove

Dalam mengurangi penggunaan plastik, Ikhwansyah mengatakan pemerintah daerah menggunakan langkah langkah seperti memberlakukan kebijakan yang mengatur penggunaan plastik sekali pakai, mengenakan pajak atau biaya tambahan pada plastik tertentu.

“Serta memberikan intensif kepada industri untuk beralih ke bahan dan produk yang lebih berkelanjutan,” pungkasnya.

Diketahui dalam kegiatan ini turur dilaksanakan penanaman bibit pohon zaitun, kurma, delima dan kacang sangha Ichi oleh Asisten Perenomian dan Pembangunan Ikhwansyah dilanjutkan Pimpinan PLN IUD Kalselteng, perwakilan Kodim 1006 Banjar dan perwakilan Ketua Pengadilan Negeri Martapura.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.