Wabup Barito Utara Minta Musrenbang Kecamatan Diintegrasikan dengan Program Kerja Pemda

0

WAKIL Bupati (Wabup) Barito Utara, Sugianto Panala Putra menegaskan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tingkat kecamatan merupakan forum bagi pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati program kerja daerah ke depan.

KEGIATAN prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa dan kelurahan bisa diintegrasikan dengan skala prioritas pembangunan daerah kabupaten.

“Jadi, usulan prioritas desa yang diselenggarakan musrenbang tingkat kecamatan bisa masuk dalam program pembangunan daerah tingkat kabupaten,” ucap Wabup Sugianto Panala Putra, saat membuka Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024 Tingkat Kecamatan Teweh Selatan di Aula Kecamatan Teweh Selatan, Desa Trahean, Barito Utara, Selasa (14/2/2023).

Dia berharap melalui musrenbang ini secara formal membicarakan rencana perioritas program kegiatan pembagunan daerah disesuaikan dengan peraturan yang berlaku.

BACA : Wabup Barito Utara Sugianto Minta Pencegahan Narkoba Terus Dimaksimalkan

“Termasuk, soal kemampuan anggaran daerah. Ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan di antaranya, peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan yang berada di desa dan kelurahan,” tutur mantan Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Barito Utara ini.

Masih menurut Sugianto, masalah wajib belajar 9 tahun harus dibarengi dengan peningkatan fasilitas pendidikan. Termasuk, bidang kesehatan, penurunan angka stunting dan kemiskinan, pemberdayaan kelembagaan.

BACA JUGA : Khawatir Imbas Inflasi Sampit-Palangka Raya ke Muara Teweh, Bupati Nadalsyah Kumpulkan Anak Buahnya

“Di akhir masa jabatan saya bersama Pak Bupati Nadalsyah juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan selama ini. Utamanya, dalam melaksanakan kegiatan pemerintah untuk pembangunan dan kemasyarakatan,” ucap Sugianto.

Sementara itu, Camat Teweh Baru, Jon mengatakan pihaknya telah melaksanakan antisipasi rawan pangan. Berupa program ketahanan pangan yang berdampak pada inflasi seperti budidaya ayam petelur, juga pemanfaatan lahan pekarangan, serta penurunan angka stunting.

Musrebang tingkat kecamatna ini serentak dilaksanakan di Kecamatan Teweh Baru dan Teweh Selatan. Yang langsung dibuka dan ditutup oleh Wakil Bupati Barito Utara.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.