Dua Narsum Kemenkes Beri Bimtek Akreditasi UPT Labkesda Barito Utara

0

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Barito Utara melaksanakan bimbingan I Akreditasi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Kesehatan Daerah di Aula Bapepda Litbang Barito Utara, Muara Teweh, Senin (18/10/2021). 

BIMBINGAN teknis (bimtek) ini langsung ditangani tim Akreditasi Labkes dari Kementerian Kesehatan RI, drg Irfan Arifin MKes dan dr Alexander K Ruslim SpPk. Mereka berdua menjadi narasumber (narsum) berkompeten di bidangnya.

Kepala Dinkes Barito Utara H Siswandoyo mengatakan, kegiatan bimbingan I Akreditasi untuk UPT Labkesda  ini  dalam upaya  mewujudkan pelayanan yang bermutu di laboratorium kesehatan. 

Menurutnya,  tujuan dilaksanakannya workshop ini untuk membantu laboratorium kesehatan dalam persiapan akreditasi laboratorium kesehatan baik dari sisi penyiapan dokumen regulasi, dokumen bukti dan implementasi standar akreditasi laboratorium kesehatan

Dikatakan Siswandoyo, labkesda dengan sudah terakreditasi ini nantinya akan dapat melaksanakan uji klinis, melaksanakan pengujian kesehatan lingkungan di antaranya pengujian kesehatan udara dan limbah dan juga akan dapat menambah pendapatan asli daerah (PAD) bagi daerah. 

BACA : Dinkes Barito Utara Gelar Pertemuan Orientasi KPP Dalam Pencegahan COVID-19

Lebih lanjut Siswandoyo, dalam proses bimbingan, laboratorium kesehatan didampingi secara detil klinis penerapan standar dan penyusunan dokumen akreditasi labkes. 

Untuk itu Siswandoyo berharap kepada narasumber selaku pembimbing akreditasi labkes  berkenan membagi ilmu pengetahuannya. Kemudian, memberi bimbingan akreditasi berupa analis situasi, pendampingan pembuatan dokumen serta penyiapan implementasi standar menajemen dan standar teknis akreditasi labkesda.

“Kepada pimpinan dan seluruh staf labolatorium (teknis, administrasi dan penunjang) wajib hadir dan bersunguh-sungguh mengikuti dengan seksama kegiatan bimbingan ini serta harus menindaklanjuti setiap masukan dan arahan tindak lanjut dari pembimbing,” ucapnya.

BACA JUGA : Workshop Akreditasi UPT Laboratorium Kesehatan oleh Dinkes Barito Utara

Sementara Kepala UPT Labkesda Rusdiana mengucapkan selamat datang kepada dua narasumber dari Kemenkes RI. “Semoga dapat memberikan masukan dan arahan serta perbaikan agar persiapan akreditasi bisa lebih baik dan maksimal,” tuturnya.

Menurut Rusdiana, tahapan persiapan untuk akreditasi labotarorium kesehatan Kabupaten Barito Utara ada enam yaitu, workshop persiapan akreditasi, monitoring dan evaluasi kesiapan akreditasi, bimbingan I akreditasi, bimbingan II akreditasi, pra survey dan yang terakhir survei akreditasi.

“Saat ini, kami sudah sampai pada tahapan yang ketiga. Dengan adanya bimbingan I ini diharapkan seluruh  pegawai lapkes Barito Utara dapat memperoleh informasi dan acuan dalam proses akreditasi dan dapat bekerja sama, berupaya dan terlibat dalam proses pelaksanaan akreditasi labkes Dinkes Barito Utara hingga dapatkan hasil yang maksimal,” pungkas Rusdiana.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.