Husairi Abdi

Tertarik Sistem Akademi Demokrasi, Ibnu Sina Ingin Raih Jenjang Tertinggi di Karier Politik

0

PENGALAMAN sebagai Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kalimantan Selatan menjadi modal bagi Ibnu Sina untuk bisa menakhodai Partai Demokrat.

WALIKOTA Banjarmasin ini pun akan mengembangkan konsep kaderisasi partai jika nanti dipercaya sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel berdasar hasil uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di tim 3 bentukan DPP Partai Demokrat di Jakarta.

“Saya akan menerapkan pola pengkaderan dengan sistem akademi demokrasi. Konsep yang dikembangkan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), saya sangat tertarik dan itu memang sangat penting,” ucap Ibnu Sina kepada awak media, usai mengikuti Musda IV Partai Demokrat Kalsel di Hotel Kindai Best Western, Banjarmasin, Senin (18/10/2021).

Ia menjelaskan sistem akademi demokasi merupakan laboratorium bagi kader agar mereka siap ditempatkan di mana saja. Sebagai kader, mereka harus siap ditempatkan di semua level dan tingkatan baik itu kabupaten/kota, provinsi bahkan nasional.

“Saya juga tertarik karena di Partai Demokrat, banyak terdapat kawula muda dan bersama para senior bersatu untuk tujuan membesarkan partai ini menyongsong Pemilu 2024,” kata mantan anggota DPRD Kalsel ini.

BACA : Diuji Tim 3 DPP, Ibnu Sina Dan Rusian Bersaing Rebutkan Posisi Ketua Partai Demokrat Kalsel

“Intinya kita harus bersama-sama dan tidak mungkin sendiri. Artinya komiten ini harus bersama dijalankan. Karena nama dua-duanya memenuhi syarat yang diajukan kepusat dan kami sangat menghormati aturan-aturan internal partai,” tegas Ibnu Sina.

Bagaimana pun, beber dia, sebuah partai itu harus kuat. Jika di internal selalu cekcok atau berantem, maka energi akan terkuras habis. Menurut Ibnu Sina, dari itu energi kuat Partai Demokrat harus keluar untuk terus menjalin hubungan ke seluruh masyarakat.

“Inilah mengapa saya memilih Partai Demokrat, karena tak ada pilihan lain jika ingin tetap berpartisipasi di dunia politik untuk tingkat atau jenjang yang lebih tinggi,” beber Ibnu Sina.

BACA JUGA : Didukung 8 DPC, Ibnu Sina Incar Ketua Demokrat Kalsel, Rusian : Bersaing dengan Saya!

Sementara itu, Demosioner Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel, Rusian mengatakan dikarenakan sesuai aturan calon ketua harus mendapatkan dukungan 20 persen, maka diperoleh 2 calon.

“Kami berdua diajukan untuk menjadi calon Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel,” ucap mantan Ketua DPRD Banjarmasin ini.

Sebelumnya, kedua nama calon Ketua DPD Partai Demokrat hasil Musda IV Partai Demokrat Kalsel, Ibnu Sina dan Rusian dikirim dan disaring  DPP Partai Demokrat di Jakarta. Lewat tim 3 bentukan DPP Partai Demokrat yang akan memutuskan siapa yang terpilih sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.