Dinkes Barito Utara Gelar Pertemuan Orientasi KPP Dalam Pencegahan COVID-19

0

DINAS Kesehatan Kabupaten Barito Utara, melaksanakan pertemuan orientasi komunikasi perubahan perilaku (KPP) dalam pencegahan COVID-19 dan evaluasi program promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat, Kamis (30/9/2021).

KEPALA Dinas Kesehatan Barito Utara H Siswandoyo, mengatakan, dalam situasi pandemi seperti ini, banyak pihak telah melakukan berbagai upaya komunikasi secara serentak dan dalam waktu yang sama. Di satu sisi situasi seperti ini memberikan keuntungan bagi publik untuk segera cepat mendapatkan informasi terkini.

Namun, di sisi lain mempunyai kelemahan yaitu pesan yang terlalu banyak dikeluarkan, bersifat random (impulsive) dan selalu berubah akan menciptakan noise yang mengganggu penerimaan pesan dan pada akhirnya menghalangi orang untuk memahaminya dan mengubah perilakunya.

Oleh karena itu kata Siswandoyo, penting bagi para pelaku komunikasi agar memberi perhatian dan prioritas pada tujuan perubahan perilaku kunci yang dianggap esensial untuk menurunkan kasus COVID-19 secara efektif dan efesien.

BACA: Dinas Kesehatan Barito Utara Rapat Evaluasi Program Kesehatan Kerja Olahraga

Dikatakannya strategi komunikasi perubahan perilaku dalam pencegahan COVID-19 adalah strategi komunikasi risiko yang digunakan pada saat wabah COVID-19. Sehingga terjadi percepatan peningkatan pengetahuan masyarakat untuk mengatasi potensi risiko dan ancaman masalah kesehatan yang akan selalu membuat mereka mampu mengambil langkah dan tindakan cepat dan tepat, sehingga dapat melindungi diri dan menghindarkan mereka dari wabah.

Dikatakannya, komunikasi perubahan perilaku ini diharapkan dapat meningkatkan peran serta masyarakat, yang terdiri dari ormas, dunia usaha dan pemangku kebijakan dalam mendukung program pengendalian COVID-19 serta menempatkan COVID-19 sebagai isu utama di semua sektor.

Selain itu,sebagai upaya penyebarluasan informasi COVID-19 kepada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian terkait dengan pencegahan penularan COVID yang dimulai dari diri sendiri dan keluarga.

Siswandoyo juga mengatakan, evaluasi suatu hasil kegiatan merupakan salah satu proses yang penting dari pelaksanaan program kegiatan. Dengan adanya evaluasi dapat diukur sampai sejauh mana pencapai hasil atau cakupan suatu perogram kegiatan yang telah dilaksanakan.

BACA JUGA: Evaluasi Monitoring Program Puskesmas se Barito Utara

Pada kesempatan itu, Kadis Kesehatan mengingatkan agar petugas pemegang program promkes selalu memperhatikan target indikator kinerja program yang harus dicapai yang mana setiap tahunnya selalu meningkat

“Jadikanlah target-target kegiatan yang belum tercapai menjadi bahan evaluasi dan target utama dalam menyusun rencana kegiatan selanjutnya,” katanya

Walaupun saat ini masih mengalami pancemi COVID-19 yang sangat menguras pikiran, tenaga dan seluruh sumber daya kita sebagai tenaga kesehatan.

“Saya harapkan hal ini tidak menjadi halangan ataupun alasan sehingga target-target kegiatan program yang ada tidak bisa tercapai, namun di sinilah kita dituntut kreativitas dan inovasi yang tinggi dari petugas program promkes bagaimana menciptakan terobosan kegiatan agar bisa tetap dilaksanakan dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Sementara Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, pada Dinas Kesehatan Enny Franziah mengatakan, kegiatan ini diikuti dari pengelola program promosi kesehatan dan protor promosi kesehatan puskesmas Kabupaten Barito Utara sebanyak 34 orang dari 17 puskesmas se Barito Utara.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.