Tanah Bumbu Raih Anugerah Parahita Ekapraya

0

BUPATI TANAH Bumbu (Tanbu) HM Zairullah Azhar meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 Kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Republik Indonesia, Rabu (13/10/2021).

BUPATI Tanbu HM Zairullah Azhar melalui Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kabupaten Tanah Bumbu Hj Narni mengatakan, pihaknya telah memberikan apresiasi terhadap Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) yang telah menginisiasi diselenggarakannya Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020.

Menurutnya, salah satu bentuk nyata penghargaan bagi pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak di daerah. “Nah kini Pemkab Tanah Bumbu telah berkomitmen melaksanakan percepatan pengarusutamaan gender sesuai Amanat Presiden No 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender yang merupakan strategi untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender,” ucapnya.

BACA: Percepatan Pembangunan Sanitasi Pemukiman Digelar Bappeda Tanbu

Hal itu, jelasnya, bentuk keberhasilan Kabupaten Tanah Bumbu dalam mengimplementasikan 7 prasyarat PUG sebagai strategi pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. “Pada pelaksanaannya Kabupaten Tanah Bumbu mengangkat critical issue dalam program PUG. Ya, seperti meningkatkan pemahaman Sumber Daya Manusia (SDM) dan kapasitas lembaga berkaitan dengan perencanaan dan penganggaran yang berperspektif gender,” tambahnya. 

Mengawal kesepakatan pemerintah daerah dalam hal urgensi dan pentingnya strategi PUG untuk meningkatkan kesetaraan laki-laki dan perempuan. “Alhamdulillah semoga upaya kita menciptakan keadilan bagi SDM perempuan yang memiliki potensi di bidang pembangunan bisa terwujud. Penghargaan ini harus dipertahankan dan kami harus menjadi lebih baik lagi. Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat,” ujar Narni.

Acara penganugerahan secara virtual di ruang DLR kantor bupati dihadiri Wakil Ketua DPRD Tanbu Agoes Rakhmadi dan sejumlah pejabat terkait lingkup Pemkab Tanbu.

APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. Sebab dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

Penghargaan sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam strategi pengarusutamaan gender (PUG). (jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.