Gunakan Bakul Purun, PDIP Tebar Ribuan Paket Kurban untuk Masyarakat

0

SEBAGAI upaya mendukung program pemerintah dalam pengurangan penggunaan kantong plastik, DPD PDI Perjuangan Kalsel di momen hari raya Idul Adha membagikan daging kurban dengan bahan ramah lingkungan yang bernilai ekonomi kreatif, yakni bakul purun.

FAZLUR Rahman, Kepala Sekretariat DPD PDIP Kalsel mengatakan hal ini berkenaan dengan anjuran Walikota Banjarmasin untuk tidak menggunakan plastik sebagai kemasan pembagian daging kurban.

“Sesuai instruksi Ibu Ketum Megawati Soekarnoputri untuk lebih mencintai alam serta himbauan Walikota Ibnu Sina, maka sudah 2 tahun ini pelaksanaan pembagian daging kurban kami tidak menggunakan kantongan kresek plastik dan menggantinya dengan tas anyaman purun yang merupakan kearifan lokal Banjarmasin,” ucap Fazlur.

BACA : PDI Perjuangan Kalsel Gelar Haul Ke-51 Bung Karno

Selain itu disebutkan pula bahwa ini merupakan tanggung jawab kita kepada lingkungan sekaligus bentuk dukungan kepada Walikota Banjarmasin untuk terus konsisten mengampanyekan pengurangan penggunaan bahan plastik sekali pakai dalam kehidupan sehari-hari.

“Wajar kami mendukung program Walikota Banjarmasin ini, karena kami juga parpol pengusung Ibnu Sina saat Pilkada lalu,” ujar M. Syaripuddin, Sekretaris DPD PDIP Kalsel.

Menggunakan bakul purun juga diharapkan memiliki efek domino yang positif, selain ramah lingkungan, juga membawa manfaat ekonomi bagi pengrajin bakul purun.

BACA JUGA : Bisa Pakai Bakul, Warga Kalsel Diminta Hindari Gunakan Plastik Saat Bagi Daging Kurban

“Kami berharap ekonomi kerakyatan juga membaca peluang dari hal seperti ini, sudah saatnya kita gotong-royong dalam memajukan kesejahteraan”, pungkas pria yang akrab disebut Bang Dhin ini.

DPD PDI Perjuangan Kalsel sendiri melaksanakan penyembelihan 7 ekor sapi dan 1000 paket kurban yang dibagikan kepada masyarakat fakir miskin serta lingkungan kantor partai yang terletak di Jalan A.Yani Km.5,7 Banjarmasin.

Semua sapi tersebut merupakan sumbangan dari kader Partainya yakni Mardani H. Maming (Ketua DPD PDIP Kalsel), M. Syaripuddin (Sekretaris DPD PDIP Kalsel yang juga Wakil Ketua DPRD Prov Kalsel), H. M. Rifqi Karsayuda (Anggota DPR RI), dr. Sulaiman Umar (Anggota DPR RI), H. Supiansyah (Ketua DPRD Kab. Tanah Bumbu), Syafruddin H. Maming (Kepala BP Pemilu PDIP Kalsel) sebanyak masing-masing 1 ekor sapi. Selain itu juga ada sumbangan 1 ekor sapi dari kumpulan Anggota Fraksi PDIP DPRD Prov Kalsel.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.