Kini RSUD Ulin Miliki Plasma Konvalesen untuk Penyembuhan Covid 19

0

PLASMA konvalesen atau plasma darah dari pasien yang sembuh dari infeksi virus corona dianggap berpotensi menjadi terapi yang aman untuk pasien Covid-19, kini dimiliki RSU Ulin Banjarmasin yang diresmikan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Selasa (8/9/2020).

PELAKSANA Tugas RSUD Ulin Banjarmasin, DR dr Izaak Zoelkarnaen Akbar, SP OT mengatakan, Plasma konvalesen adalah plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh, dan kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang terinfeksi virus SARS-Cov-2 penyebab Covid-19 yang dalam penanganan saat ini.

Pengambilan sampel plasma darah dari pasien sembuh (penyintas) Covid-19 sebagai donor, dan pasien penerima terapi plasma konvalesen itu juga akan dipilah sesuai dengan kategori dan persyaratan yang telah ditentukan, dimana dari 10 sebagai pendonor, paling yang memenuhi syarat hanya ada 2 pendonor atau hanya 20 persen,” ujarnya.

BACA : Apabila Fasilitas Tersedia, PMI Banjarmasin Siap Produksi Plasma Darah

Direktur RS Ansyari Banjarmasin ini  menambahkan, sebelum kita memiliki ini, pihak kami mengambil sampel dari RS Gatot Soebroto, itu pun kita mentranfusikan tidak boleh lebih dari 46 jam.

Dia juga bertutur, dimana syarat donor plasma konvalesen Covid-19 ini adalah mereka yang sudah pernah terinfeksi virus corona SARS-CoV-2, dan sembuh dari infeksi tersebut lebih dari 14 hari, juga diutamakan laki-laki.

Jika perempuan, yang belum pernah hamil sehat dan dibuktikan dengan hasil laboratorium bebas dari infeksi virus corona, atau telah sembuh minimal selama 14 hariBebas dari virus, parasit atau patogen lain berpotensi bisa ditransmisikan melalui darah memiliki titer antibodi yang cukup tinggi berdasarkan hasil uji netralisasi.

Sementara itu, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengatakan, saat ini kita menambah kemampuan,  khususnya RSUD Ulin  dalam rangka penanganan covid-19.

BACA JUGA :  PMI Banjarmasin Terima Plasma Konvalesen Untuk Sembuhkan Pasien Covid-19

Hari ini  jangan pernah untuk melengahkan covid-19 dan kita  tetap waspada, terus taati  protokol.kesehatan, jaga fisik dan kesehatan kita.

Paman Birin demikian Gubernur Kalsel ini disapa mengatakan sejak dunia dilanda covid 19 beberapa bulan terakhir ini,  mahluk dimuka bumi ini sedang mengalami musibah besar, namun seiring berjalan  dengan waktu musibah ini dapat dikendalikan, dimana di Propinsi Kalsel  penyembuhannya sudah  77 persen lebih.

Tidak ada seorang pun yang ingin kena covid 19, penyakit covid 19 ini bukan penyakit yang memalukan, jadi kalau.ada saudara, sahabat yang kena, mari kita bantu dan bergotong royong untuk membantu saudara kita yang kena covid 19.

“Saat ini Pemprop Kalsel  berupaya berjuang terus untuk menghabat lajunya covid-19, dan saat ini kita sudah punya alat dan membantu  penyembuhan.covid 19,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.