PMI Banjarmasin Terima Plasma Konvalesen untuk Sembuhkan Pasien Covid-19

0

UNIT Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kota Banjarmasin masuk dalam agenda Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI) untuk ikut memerangi wabah Pandemi Covid-19 yang ada di Banua dengan kembali menerima 18 kantong Plasma Konvalesen.

KEPALA UDD PMI Banjarmasin Dokter Aulia Ramadhan Supit mengatakan sebagaimana yang sudah diketahui bersama, pihaknya berkolaborasi dengan RSUD Ulin Banjarmasin ikut terlibat untuk mensukseskan Terapi Plasma Konvalesen (TPK) dalam membantu proses penyembuhan pasien Covid-19 di Provinsi Kalsel.

“Alhamdulillah, hari ini bertepatan dengan agenda Kemenkes, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang berkunjung ke Kalsel dalam rangka penanganan Covid-19, kita diberi Plasma Konvalesen untuk semua jenis golongan darah sebanyak 18 kantong,” ungkapnya, Minggu (7/6/2020) di UDD PMI Kota Banjarmasin.

BACA : Adopsi Metode TPK, PMI Banjarmasin Berharap Pasien Covid-19 Cepat Sembuh

Karena jumlahnya hanya ada 18 Plasma Konvalesen, jadi pihaknya bersama RSUD Ulin hanya memberikan khusus kepada para pasien yang benar-benar membutuhkan perawatan serius.

“Kita tergantung tim dokter yang menangani pasien di RSUD Ulin untuk memberikannya secara tepat, namun lebih diutamakan bagi pasien dalam penanganan serius,” paparnya.

Dirinya juga optimis dengan TPK ini bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan kesembuhan pasien terpapar Covid-19 yang masih dalam perawatan intensif. Pihaknya pun mengaku siap dalam hal Sumber Daya Manusia (SDM) untuk membantu mensukseskan program tersebut.

BACA JUGA: Dibantu Plasma Darah, Walikota Ibnu Sina Berharap Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 Banjarmasin Tinggi

“Melihat progres dari pasien yang sudah diberikan TPK cukup bagus tingkat kesembuhannya, bukan tidak mungkin kita siap untuk mendatangkan kembali Plasma Konvalesen dengan meminta bantuan kepada UDD PMI di kota lain seperti Surabaya, Jakarta maupun PMI Pusat,” tambahnya.

Ke depannya apabila cara ini sukses, dirinya berharap dengan bantuan peralatan dari berbagai pihak UDD PMI Banjarmasin bisa memproduksi plasma sendiri dari pasien Covid-19 di Kalsel yang sembuh.

“Tentunya Plasma Konvalesen yang sudah diberikan oleh Kemenkes RI untuk sementara bisa terus berlanjut, karena ini merupakan bagian penting sebagai upaya membantu kesembuhan masyarakat yang terpapar Covid-19 khususnya di Kalsel,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.