Kanwil Kemenhan Kalsel Gelar Lomba PCTA

0

KANWIL Kementerian Pertahanan Kalsel menggelar lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tingkat pelajar SMA dan mahasiswa di Gedung BTIKP Banjarmasin, Selasa (30/7/2019).

PCTA digelar dengan metode karya inovasi atau kreatifitas yang berkaitan dengan UMKM, dan mengusung tema “Mewujudkan Semangat Generasi Muda yang Cinta Tanah Air dan Bela Negara Sebagai Dasar Penggerak Industri Kreatif”. Lomba diikuti 25 tim dari perguruan tinggi dan 18 tim pelajar SMA, dan dibuka Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum, dan politik Setdaprov Kalsel mewakili Gubernur Kalsel, hukum dan politik Gusti Syahyar.

Kakanwil Kemhan Kalsel Kol Inf Benny Wahyudi mengatakan, PCTA tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kementerian Pertahanan melihat perlu ada inovasi baru, terutama untuk para generasi muda, yang tidak hanya berpatokan kepada materi debat, diskusi, dan lain-lain.

“Kami menginginkan satu pemikiran baru dari mereka untuk mengolah daya pikirnya. Sehingga diolah suatu produk yakni seperti UMKM. Serta produk yang betul-betul bisa bermanfaat di lingkungan masyarakat khususnya berada di kalangan kelas bawah,” katanya.

Adapun hasil lomba untuk tingkat SMA/sederajat, juara pertama SMAN Tanah laut, juara kedua SMAN 1 Daha utara, juara ketiga SMKN 1 Tanjung. Tingkat perguruan tinggi, juara pertama Akper kesdam VI, juara kedua Akper kesdam VI tim 2, juara tiga Universitas Sari Mulya.

Masing-masing juara pertama di tiap tingkat akan mengikuti PCTA tingkat nasional, yang akan dilaksanakan di Bali pada 10-15 September 2019. PCTA bertujuan untuk membentuk karakter generasi muda yang kreatif dan inovasi, serta memupuk rasa cinta tanah air dan bela negara.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.