Pantau Pleno KPU Kalsel, Pangdam Mulawarman Langsung Turun ke Lapangan

0

PANGLIMA Kodam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Subiyanto juga turun tangan untuk memantau pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 yang digelar KPU Provinsi Kalimantan Selatan di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Rabu (8/5/2019).

JENDERAL bintang dua ini mengaku sengaja datang ke Kalimantan Selatan, karena perintah dari pimpinan. Utamanya, mengamankan objek vital seperti rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara, seperti termaktub UU TNI.

“Makanya, kantor KPU dan Bawaslu Kalsel turut diamankan. Termasuk, rapat pleno rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara di tingkat provinsi di Hotel Rattan Inn Banjarmasin sangat strategis, sehingga perlu pengawalan ketat,” cetus Mayjen TNI Subiyanto didampingi Kapolda Irjen Pol Yazid Fanani kepada wartawan di Banjarmasin, Rabu (8/5/2019).

BACA : Bagi Tiga Ring, 540 Personel Polisi Jaga Pleno Rekap Suara KPU Kalsel

Datang langsung dari Makodam VI/Mulawarman di Balikpapan, Subiyanto mengatakan harus datang ke Banjarmasin untuk mengecek kesiapan prajurit dalam menjalankan tugas, terutama dari jajaran Korem 101/Antasari.

“Saat ini, TNI menjamin tiga wilayah di Kalimantan dalam kondisi aman. Di antaranya, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Meski, ada beberapa yang tidak puas pada saat penghitungan di tingkat kecamatan,” beber Subiyanto.

Namun, saat sudah dibahas berjenjang dari kabupaten dan kota hingga ke tingkat provinsi, Subiyanto hakkul yakin sudah aman, karena secara umum tidak ada masalah lagi.

BACA JUGA : Personel Ditarik Jaga TPS, Alasan Penutupan Sementara Kedai Samsat Bergerak

“Untuk saat ini, pleno digelar di dua tempat, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara. Untuk di Kaltara, saya sudah  perintahkan Danrem 091/Aji Surya Natakesuma untuk melakukan pemantauan,” ucapnya.

Khusus di Kalsel, Pangdam VI/Mulawarman sendiri yang turun tangan memantau rapat pleno tingkat provinsi di Banjarmasn. “Besok, baru menuju Kaltim yang akan menggelar rapat pleno mulai 9 hingga 10 Mei 2019,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.