Satu Nama Menguat Jadi Calon Wabup HST, PBB Sebut Tergantung Yusril

0

USAI membuka lamaran seleksi calon Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Partai Bulan Bintang (PBB) dikabarkan telah mengantongi nama yang jadi pendamping Plt Bupati HST HA Chairansyah. Siapa saja nama yang mencuat?

ADANYA beberapa nama yang kini tengah diseleksi parpol pengusung Abdul Latif-HA Chairansyah untuk diajukan ke DPRD HST sebagai pengisi jabatan wakil bupati. Informasi yang dihimpun jejakrekam.com, ada tiga parpol pengusung Abdul Latif-HA Chairansyah dalam Pilkada HST 2015 lalu, yakni PBB, Partai Gerindra dan PKS.

Nama-nama yang disaring antara lain Muhammad Sampurna (Fraksi PBB), kemudian Gerindra mengusulkan sang Ketua DPC Partai Gerindra HST, H Rahmadi. Hingga akhirnya, PBB justru membuka pendaftaran dan mengajukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di DPP PBB di Jakarta.

Ada beberapa nama yang mendaftar antara lain Husni Thamrin (tokoh masyarakat HST), Berry Nahdian Furqan (Sekretaris PWNU Kalsel), Achmad Sofiani (eks Kepala Dinas PUPR Kalsel),  Ahmad Rozanie (Sekretaris DPW Partai Nasdem Kalsel), Karyatunisa Widya Wanti dan Muhammad Sampurna (Sekretaris DPC PBB HST).

Belakangan ternyata Abdul Latif yang telah divonis bersalah dan dihukum 6 tahun penjara oleh PN Tipikor Jakarta, justru mengajukan banding atas kasus dugaan suap pembangunan RSUD Damanhuri ke Pengadilan Tinggi Jakarta.

Komisioner KPU HST Johransyah mengakui masalah pengusulan nama calon Wakil Bupati HST murni kewenangan DPRD HST, khususnya parpol pengusung Abdul Latif-HA Chairansyah.

“Kami hanya mengingatkan aturan mainnya. Yaitu, apabila sudah ada tiga nama yang diusulkan ke DPRD HST, maka pemilihannya harus 50 plus satu. Karena ada 30 kursi di DPRD HST, berarti minimal disetujui 16 anggota DPRD HST dalam rapat paripurna,” ucap Jojo, sapaan akrabnya kepada jejakrekam.com, Rabu (24/10/2018).

Dia menyatakan ketika Bupati HST nonaktif  Abdul Latif mengajukan banding, berarti putusan hukumnya belum final, sehingga jabatan Plt Bupati HST yang dipegang HA Chairansyah masih panjang. “Yang pasti, kami tak berwenang dalam masalah ini,” kata Jojo.

Sementara itu, Ketua DPW PBB Kalsel Pangeran Iberahim mengakui saat ini, parpolnya masih menunggu putusan dari Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra, terkait nama yang akan diusung sebagai calon Wakil Bupati HST.

“Kami tak berwenang untuk menetapkan calon, karena sudah diambilalih DPP PBB. Sekarang, nama calon Wakil Bupati HST sudah di tangan Pak Yusril Ihza Mahendra,” tuturnya.

Disinggung ada dua nama yang menguat di PBB, yakni Ahmad Rozanie dan Berry Nahdian Furqan sebagai calon Wakil Bupati HST? Pangeran Iberahim enggan mengomentarinya. “Kita tinggal menunggu keputusan DPP PBB. Tetapi, yang kami ketahui sudah mengerucut satu nama, dan nama itu masih dirahasiakan,” ucap mantan anggota DPRD Kalsel ini.

Ketua DPW PBB Kalsel ini juga mengungkapkan yang dirinya ketahui adalah calon wakil bupati itu berlatar belakang NU dan dekat dengan parpol pengusung.“Itu saja yang saya ketahui,” kelit Iberahim.(jejakrekam)

 

 

Penulis Syahminan
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.