Selama Ramadhan, Volume Sampah Banjarmasin Meningkat 612 Ton per Bulan

0

AKTIVITAS perdagangan selama Ramadhan meningkat tajam dibandingkan bulan sebelumnya. Akibatnya, volume sampah terutama yang dihasilkan dari pasar-pasar wadai Ramadhan dan lainnya juga semakin banyak dibandingkan hari-hari biasanya.

KEPALA Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, Maflani mengungkapkan produksi sampah selama satu pekan lebih bulan Ramadhan 1439 Hijriyah meningkat tajam.

“Peningkatan produksi sampah yang dihasilkan mencapai 5 persen dari total volume sampah keseluruhan tiap bulannya. Jika tiap bulan mencapai 600 ton, maka sekarang volume sampah di Kota Banjarmasin mencapai 612 ton per bulan,” kata Maflani kepada jejakrekam.com, Senin (28/5/2018).

Dia menyebut peningkatan yang cukup signifikan dari volume sampah tersebut berasal dari hasil olahan maupun limbah rumah tangga ditambah sampah yang dihasilkan dari pedagang pasar atau pedagang musiman. “Terjadi trend peningkatan produksi sampah karena adanya menu jajanan berbuka puasa yang terus bertambah tiap hari. Kami memprediksi, volume sampah akan terus meningkat seiring hari puasa yang terus berjalan,” ucap Maflani.

Bahkan, DLH Kota Banjarmasin memperkirakan volume akan terus meningkat yang telah diantisipasi dengan menerjunkan petugas kebersihan lebih intens lagi. “Yang kami sayangkan adalah adanya oknum pedagang yang masih membuang sampah sembarangan. Ini jelas menyulitkan petugas kebersihan untuk membersihkannya,” imbuh Maflani.(jejakrekam)

 

Penulis Asyikin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.