Jamaah Haji ke Mina Melontar

0

SETELAH menjalani ibadah wukuf  di dataran Arafah, jamaah haji kembali ke Mina pada  Jumat (01/02/2017) Waktu Arab Saudi, yakni  hari pertama Idul Adha (Idul Kurban). Mereka segera menjalan ibadah lempar jumroh.

Sebagaimana dilansir Arabnews, perjalanan mereka dari Arafah meliwati i Muzdalifa, di tempat ini 4,3 juta umat muslim dari berbagai negara menghabiskan sebagian besar malam. Kali ini perjalanan ke Mina untuk menyelesaikan rukun  haji mereka.

Bergerak di ruas jalan di Mina yang berkelok-kelok, para jemaah haji menuju ke Jamarat dengan bantuan relawan dan petugas keamanan yang memberikan arahan kepada mereka yang tersesat dalam perjalanan mereka.

Petugas juga mendinginkan mereka dengan air untuk membuat perjalanan mereka lebih nyaman ke kompleks bertingkat yang luas tempat lempar jumroh itu.

Di dalam gedung Jamarat yang didinginkan dan lapang, peziarah mengambil bagian dalam ritual lempar jumroh, di mana mereka melempar kerikil ke tiang tiga terbesar yang disebut Aqaba, yang melambangkan iblis.

Jemaah haji tersebar di sepanjang pilar berbentuk elips dan melempar batu dengan teratur.

Jemaah haji laki-laki berpakaian  Ihram, pakaian putih mulus dua potong, juga terlihat kepalanya dicukur. Hari ketigajamaah akan bermalam di Mina guna menyelesaikan ibadah  mereka. (jejakrekam)

 

Penulis  :  TIm Haji

Editor    :   Afdi Achmad

Foto      :   Istimewa

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.