Usai Halong, Kini Banjir Menyebar ke Kecamatan Juai

0

BANJIR akibat meluapnya sungai Batang Balangan yang terjadi sejak Senin (8/5/2017) kini semakin meluas. Jika sebelumnya hanya menimpa Desa Baruh Panyambaran di Kecamatan Halong, kini beberapa desa di Kecamatan Juai ikut merasakan banjir musiman ini.

MENURUT data Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan, ada 7 desa di Kecamatan Juai yang terendam yakni Desa Lalayau, Mihu, Bata, Galumbang, Juai, Teluk Bayur dan Mungkur Uyam dengan ketinggian air bervariasi mulai dari 10 centimeter hingga 1 meter.

Kepala Seksi Kedaruratan di BPBD Balangan Muhammad Syuhada mengungkapkan banjir di Kecamatan Juai ini terjadi sejak pagi sekitar pukul 04.30 subuh. Banjir sendiri merupakan lanjutan dari luapan Sungai Batang Balangan yang terjadi sehari sebelumnya di Kecamatan Halong, akibat hujan deras yang terjadi.

“Akibat banjirnya ini Desa Sumber Rejeki yang berada di dalam sempat terisolir karena tidak dapat keluar ke wilayah kecamatan. Sebab jalan akses utama tergenang cukup tinggi yang hanya bisa dilalui dengan perahu karet,” ujar Syuhada kepada jejakrekam.com di Paringin, Selasa (9/5/2017).

Meski begitu, kata Syuhada, kondisi masih aman dan warga tidak perlu mengungsi. Bahkan, kini petugas BPBD kini masih bearada dilapangan guna membantu masyarakat khususnya para anak sekolah yang mau berangkat dengan mengunakan perahu karet.

Untuk jumlah korban banjir sendiri, ada 168kk yang terdiri dari 470 jiwa yang tersebar di Tujuh Desa di Kecamatan Juai. Sedangkan jumlah KK yang terbanyak kena dampak banjir yakni, desa Juai dengan 60 KK dan Desa Galumbang dengan 30 KK. “Saat ini, kami terus melakukan pantauan di lapangan meski air mulai surut dan mudahan tidak hujan lagi sehingga air tidak bertambah tinggi,” pungkas Syuhada.(jejakrekam)

Penulis  : Sugianoor

Editor    : Didi G Sanusi

Foto      : Sugianoor

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.