Dirgahayu

11 Kursi DPR di Kalsel Perpaduan Wajah Lama dan Pendatang Baru, Ini Nominatornya!

HAMPIR bisa dipastikan 11 kursi DPR RI di dua daerah pemilihan (dapil) Kalimantan Selatan hasil Pemilu 2019 akan diisi 50 persen wajah lama dan separuhnya lagi pendatang baru. Ini berdasar hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 untuk pemilihan wakil rakyat Senayan Jakarta dari DC1 DPR rilisan KPU Provinsi Kalsel.

DENGAN 1.082.514 suara sah di dapil Kalsel 1 (Kabupaten Banjar, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan dan Tabalong), enam kursi dipastikan dibagi rata enam calon unggulan parpol.

Untuk pemenang Pemilu 2019 di Kalsel 1 adalah Partai Golkar dengan 215.017 suara. Dengan modal itu, kursi pertama akan direbut Bambang Heri Purnama, calon petahana yang kini duduk di Komisi III DPR RI.

BACA : PDIP Klaim Sulaiman-Syafruddin-Rifqi Rebut Tiga Kursi DPR RI

Menyusul di posisi kedua adalah Partai Gerindra dengan 161.566 suara, lagi-lagi incumbent yang juga mantan Bupati HST Saiful Rasyid  akan kembali melenggang ke Senayan Jakarta, melanjutkan periode pertama.

Pemenang ketiga adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 142.415 suara, dipastikan kursi legislator Senayan akan kembali diduduki Habib Aboebakar Alhabsyi yang terhitung sudah tiga periode di DPR RI, akan melanjutkan ke periode keempat.

Pemilik kursi keempat berasal dari Partai Amanat Nasional (PAN) dengan 119.622 suara. Caleg andalannya Pangeran Khairul Saleh yang mantan Bupati Banjar ini sebagai pendatang baru akan berhak meraih titel wakil rakyat dari Kalsel di DPR RI.

Sedangkan, kursi kelima akan ditempati H Syaifullah Tamliha. Ketua DPP PPP ini menempati posisi peraih suara terbanyak untuk calon dari partai Ka’bah. Total suara PPP yang bisa direbut dalam Pemilu 2019 sebanyak 100.413 suara, sehingga mengantarkan Syaifullah Tamliha menduduki kembali kursi DPR RI untuk periode ketiga.

Untuk kursi terakhir atau keenam, diprediksi akan ditempati HM Rifqinizamy Karsayuda dengan total suara PDIP 97.334, jauh meninggalkan suara PKB sebanyak 75.609 dan Partai Nasdem dengan 52.832 suara. Mantan dosen Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (ULM) ini diprediksi bakal mulus meraih predikat anggota DPR RI sebagai pendatang baru.

BACA JUGA : Siapa yang Melenggang ke Senayan Mewakili Kalsel di Pemilu 2019, Ini Prediksinya!

Bagaimana dengan dapil Kalsel 2 mencakup Banjarmasin, Banjarbaru, Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru, tercatat ada 933.493 suara sah? Di daerah perkotaan dan pesisir Kalsel ini, PDIP keluar sebagai jawara dengan 237.062 suara. Dipastikan dua caleg andalannya, dr H Sulaiman Umar dan Syafruddin H Maming akan melangkah ke DPR RI di Jakarta.

Pemenang kedua adalah Partai Golkar dengan 128.127 suara. Sang petahana, Hasnuryadi Sulaiman sebagai peraih suara terbesar di partai beringin ini dipastikan bakal dilantik kembali untuk periode kedua di DPR RI hasil Pemilu 2019.

Pendatang baru datang dari kader Partai Gerindra. Putra Ketua DPD Partai Gerindra Kalsel H Abidin yakni Muhammad Noor akan merebut kursi keempat DPR RI dari dapil Kalsel 2 dengan sabetan total 127.333 suara.

Menariknya, Zairullah Azhar, Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kalsel yang dulu terpilih Pemilu 2014, namun mengundurkan diri karena maju sebagai calon Gubernur Kalsel pada Pilkada 2015, akan merebut kursi kelima dengan 106.849 suara.  Suara PKB dan Zairullah mengalahkan caleg dan parpol lainnya seperti PKS dengan 60.808 suara, PAN dengan 53.321 suara, dan dulangan 47.005 suara milik Partai Nasdem.

BACA LAGI : Empat Kursi Senator Kalsel Bakal Diisi Trio Habib Plus Gusti Farid

Sekretaris DPD Partai Gerindra Kalsel Ilham Noor pun mengakui naiknya trend suara parpolnya tak lepas dari pengaruh sosok Prabowo Subianto yang memenangkan Pilpres 2019 di Kalsel.

“Ini adalah pilihan rakyat. Alhamdulillah, Gerindra hampir bisa dipastikan merebut dua kursi DPR RI dalam Pemilu 2019 ini. Kenaikan signifikan juga imbas dari Pilpres 2019,” kata Ilham Noor.(jejakrekam)  

Penulis Didi GS
Editor Didi G Sanusi