Hadapi Pemilu 2019, Bawaslu Gelar Simulasi Pencoblosan di TPS

0

BADAN Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), menggelar latihan atau simulasi tata cara pencoblosan surat suara saat berada di tempat pemungutan suara, Jumat (22/3/2019)

KETUA Bawaslu HSU, Syardani mengatakan, simulasi pencoblosan surat suara di tempat pemungatan suara (TPS), dilakukan di Kantor Bawaslu Kabupaten HSU.  “Simulasi juga akan dilakukan ditingkat kecamatan sebagai kesiapan seluruh pengawas TPS menghadapi pemilu serentak 17 April 2019,” ujarnya.

BACA: Songsong Pemilu 2019, Bupati HSU Pimpin Apel Tiga Pilar

Ia mengatakan, pelatihan kepada Panwas TPS akan dilaksanakan berjenjang yang selanjutnya akan dilaksanakan oleh Panwascam. Tujuan, untuk pembekalan Panwas TPS yang keseluruhannya akan dilantik pada 25 Maret.

“Simulasi pencoblosan di TPS ini dilaksanakan berjenjang hingga ke kecamatan, sehingga seluruh permasalahan yang ada diseluruh TPS dapat disampaikan kepada panwas TPS,” jelas Syardani.

BACA JUGA: Sukseskan Pemilu Damai dan Aman, Polres HSU Gelar Doa Bersama

Ia menerangkan, dilaksanakan simulasi sangat penting bagaimana petugas KPPS dan panwas nantinya menghadapi berbagai permasalahan seperti warga yang disabilitas, tidak punya KTP, warga negara asing dan sebagainya.”Seluruh permasalahan yang mungkin terjadi di TPS nanti kita peragakan didalam kegiatan simulasi,” katanya.

Jika terjadi kekeliruan di TPS berupa pelanggaran administrasi maka panwas TPS bisa langsung merekomendasi kepada petugas KPPS dan Panwascam.

Sementara itu, apabila terjadi pelanggaran berupa surat suara tertukar, terpindah dapil ada kemungkinan akan terjadi pemilihan suara ulang (PSU). “Panwascam akan melaksanakan pelatihan bagi para saksi di TPS kemungkinan pada tanggal 1 – 10 April,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Muhammad
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.