20 Peserta Dipastikan Beradu Lukis Mural di Tembok KPU Kalsel

0

BERHADIAH puluhan juta rupiah, 20 peserta akan beradu keahlian untuk melukis dinding kantor KPU Provinsi Kalimantan Selatan pada 26-27 Februari 2019 nanti. Dalam lomba membuat mural bertema Pemilu 2019 ini, dengan gambar artistik pesan pendidikan politik dan menggairahkan pemilih untuk menyalurkan hak suaranya bisa terbangun.

MEREKA yang telah mendaftarkan diri dan telah diseleksi panitia lomba mural KPU Kalsel berasal dari berbagai wilayah. Utamanya, dari Banjarmasin. Ke-20 peserta itu adalah Mazri (Panai Art), Irman Syahbana, M Andi (Emeral Mulia Sentosa), Graha Indo Perkasa, Interindo Mega Karya, Banjarmasin Mural, Aril, Izza Abdi (Darul Hijrah), Zainuddin (Artistic Kalsel).

Kemudian, ada Junior Art (Rezki), M Abdi (Antasari Art), Ahda Ditha A dari Lentera Seni Rupa, Al Fanan, Arsitek Jambu, Hafiz Anshari (Rassamul Art), Memet Art (Akhmad T), Jeffri Big, Lutfi Andi R, Alim Litang dari MLM X LSR, dan Hepni Priadi.

BACA :  Gugah Kesadaran Politik, KPU Kalsel Gelar Lomba Mural Pemilu

“Positif ada 20 peserta yang akan mengikuti lomba mural Pemilu 2019. Mereka akan diberi jatah untuk menggambar dinding dan tembok yang ada di kantor KPU Kalsel, Jalan Achmad Yani Km 3,5, Banjarmasin sesuai tema lukisan dinding yang telah disepakati,” kata Koordinator Pelaksana Lomba Mural KPU Kalsel, Aries kepada jejakrekam.com, Sabtu (23/2/2019).

Ia mengakui untuk tahap pertama, lokasi yang dijadikan sebagai dinding lukis mural adalah tembok kantor KPU Kalsel. Selanjutnya, menurut Aries, KPU Kalsel akan berkoordinasi dengan Pemkot Banjarmasin, Banjarbaru dan Pemkab Banjar untuk menentukan titik yang akan dilukis mural membawa pesan menyukseskan Pemilu 2019.

BACA JUGA :  Seniman Grafiti Tagih Janji Walikota Banjarmasin Sediakan Tawing Bomber Khusus

Lomba artistik berbau seni urban masing-masing peserta akan dijatah tembok setinggi 2,6 meter dan lebar 3 meter. Menurut Aries, desain mural bertema Pemilu 2019 mengambil subtema adil dan berintegritas, tanpa politik uang dan politisasi SARA, Ayo memilih untuk Indonesia kuat, pemilih berdaulat negara Indonesia kuat, KPU melayani, pemilih berdaulat negara kuat, 17 April 2019 pemilih berdaulat.

“Untuk pelaksanaan technical metting akan dilaksanakan pada Senin (25/2/2019) di Aula Kantor KPU Kalsel. Kegiatan kreatif bagian dari upaya KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilih sesuai target nasional sebanyak 77,5 persen,” ucap Aries.

BACA LAGI :  Gang Penghulu Pekapuran Laut pun Disulap Lebih Meriah

Dia berharap dengan lomba mural itu bisa memberi ruang bagi para pegiat seni urban untuk mengekspresikan karya seninya, sembari menyebarluaskan informasi mengenai pemilu.

“Untuk peserta lomba mural tidak dipungut biaya alias gratis. Jadi, setiap kelompok pemilih, terutama yang sudah berusia 17 tahun dan terdaftar dalam DPT, bisa mengikuti lomba ini,” tandasnya.(jejakrekam)

 

Penulis Asyikin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.