IGD RSUD Pambalah Batung Layaknya Hotel Bintang Lima

0

TARGET untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan prima bagi masyarakat diwujudkan manajemen RSUD Pambalah Batung Amuntai. Rumah sakit milik Pemkab Hulu Sungai Utara (HSU) ini terus disupport Bupati H Abdul Wahid HK, dalam peningkatan sarana dan prasarana.

PADA tahun 2017, Pemkab HSU pun mengucurkan anggaran untuk renovasi ruang IGD dan ICU, serta peralatan yang ada untuk fasilitas gawat darurat dalam menangani pasien emergensi.

“Saat ini, IGD di RSUD Pambalah Batung sudah sesuai dengn standar, bahkan siap menampung dan memberikan pelayanan bagi pasien yang memerlukan pelayanan gawat darurat 24 jam. Makanya, saya mengingatkan agar pihak RSUD Pambalah Batung memberi pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” kata Bupati HSU Abdul Wahid, saat meninjau penggunaan beberapa peralatan dan hasil renovasi ruang IGD dan ICU di RSUD Pambalah Batung, Amuntai, Minggu (7/1/2018).

Menurut Wahid, jika fasilitas sarana dan prasarana sudah baik, namun tidak diiringi dengan peningkatan pelayanan yang maksimal bagi pasien, tentu akan sia-sia.

“Inilah pentingay komitmen pihak RSUD Pambalah Batung dalam peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Tentu saja, implikasinya bisa meningkatan derajat kesehatan masyarakat,” tutur mantan Ketua DPRD HSU ini.

Mantan wartawan ini pun mengatakan prosedur pelayanan yang ada di IGD RSUD Pambalah Batung pun bukan lagi berdasar nomor urut, namun mengacu pada kondisi pasien yang memerlukan pelayanan gawat darurat.

Sementara itu, Direktur RSUD Pambalah Batung Amuntai, dr Agus Fidliansyah mengungkapkan renovasi yang sudah rampung mencakup ruang IGD dan ICU, khusus untuk Ruang IGD. “Renovasi yang telah dilakukan adalah perluasan ruangan, peningkatan fasilitas seperti bed yang dulunya hanya 8-10 buah sekarang menjadi 17 buah kasur. Termasuk, peningkatan peralatan IGD di RSUD Pambalah Batung,” tutur Agus Fidliansyah.

Ia memastikan dengan peralatan yang sudah standar, bahkan menurut hasil akreditasi sudah sesuai standar rumah sakit tipe C. “Ya, boleh dibilang sudah seperti bintang lima,” pungkas Agus Fidliansyah.(jejakrekam)

Penulis : M Yusuf

Editor   : Fahriza

Foto     : M Yusuf

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.