Gali Informasi, Perwira Sesko TNI Kunjungi Korem dan DPRD

KOREM 101/Antasari kedatangan tamu khusus. Sebanyak 32 perwira dari TNI dan Poliri yang merupakan siswa Pasis Dikreg XIV Sesko TNI tengah melakukan kuliah kerja dalam negeri (KKDN) Pertahanan Wilayah Tahun Anggaran 2017 di Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (31/10/2017).

ROMBONGAN yang dipimpin Kepala Koordinator Dosen Sesko (Kakordos) TNI Brigjen TNI Darlan Harapan bertemu dengan Kasrem 101/Antasari, Letkol Inf Prayitn Eko Widodo yang mewakili Danrem 101/Antasari yang tengah menjalani tugas ke luar negeri.

Dalam kesempatan itu, Brigjen TNI Darlan Harahap mendapat informasi soal tugas, tanggungjawab dan upaya Korem 101/Antasari dalam mendukung pemerintah daerah untuk mempercepat program pembangunan, serta membantu Polda Kalsel dalam menjaga stabiltias keamanan, agar Kalsel tetap kondusif dan aman dari aksi kejahatan yang merusak pertahanan wilayah.

Para siswa yang berasal dari kalangan perwira TNI dan Polri ini juga berdialog soal stabilitas keamanan, khususnya menyikapi ancaman disintegrasi bangsa, serta materi pertahanan wilayah yang jadi ‘studi banding’ mereka. “Masukan dari Korem 101/Antasari ini sangat berguna bagi kami dalam melaksanakan tugas dan pengabdian ke depan,” ujar Brigjen TNI Darlan Harahap.

Usai dari Korem 101/Antasari, rombongan kemudian melanjutkan pertemuan dengan DPRD Kalsel. Mereka disambut Ketua DPRD Kalsel, Burhanuddin bersama puluhan anggota Komisi III DPRD Kalsel.

Ketua rombongan, Brigjen TNI Darlan Harahap pun membacakan sambutan tertulis Dansesko TNI bahwa kegiatan KKDN Sesko TNI ini dilaksanakan di empat wilayah yakni Lampung, Sulawesi Tengah, Bali dan Kalimantan Selatan yang dikuti 143 siswa.

Iklan Samping 300×250

Dia mengingatkan adanya ancaman dan tantangan terhadap pertahanan wilayah pada masa kini dan masa mendatang tidak lagi didominasi ancaman militer, tetapi juga non militer. “Ini semakin berkembangnya dimensi ancaman, termasuk dimensi ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya dan teknologi informasi,” tutur jenderal bintang satu ini.

Usai kegiatan, Brigjen TNI Darlan Harahap mengatakan kedatangan KKDN Sesko TNI ke lembaga legislatif ini guna mengetahui tugas dan fungsi dewan, salah satunya fungsi dalam pengawasan, selain fungsinya legislasi membuat peraturan hukum berupa peraturan daerah dan fungsi budgeting (pembahasan anggaran). “Kami melihat fungsi dewan itu dilaksanakan,” ujar Darlan.

Satu dari tiga fungsi dewan itu, menurut dia, salah satunya pengawasan dilaksanakan dengan baik para wakil rakyat. “Contohnya, apa yang direncanakan eksekutif khususnya dalam penataan wilayah pertahanan tidak lepas dari pengawasan dewan,” ucapnya.

Darlan menambahkan, selain berjalannya fungsi pengawasan, pihaknya juga mendengar apa pun permasalahan di Kalsel. “ Semua aparat yang ada di sini, baik pemerintah daerah kemudian dewan selalu bersinergi menghadapi persoalan yang timbul, sehingga persoalan tersebut tidak menjadi besar,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis : Ipik Gandamana

Editor   : Didi G Sanusi

Foto      : Korem 101/Antasari

 

 

 

Anda mungkin juga berminat
Loading...

Gali Informasi, Perwira Sesko TNI Kunjungi Korem dan DPRD