Arus Balik di Pelabuhan Trisakti Diprediksi Sampai H+15

0

GENERAL Manager PT Pelindo III Cabang Banjarmasin Fariz Hariyoso memprediksi arus balik ke Pelabuhan Trisakti Banjarmasin dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, melalui jalur laut akan berakhir sampai H+15 mendatang.

HAL itu mengingat sebagian besar pemudik yang menggunakan jalur laut ke Pelabuhan Trisakti Banjarmasin adalah mereka yang bekerja di sektor swasta, yakni para pedagang dan petani.”Mereka ini lebih fleksibel dalam mengatur waktu libur lebaran. Karena itulah wajar biasanya tiap tahun arus baliknya di jalur laut jauh lebih lama,” ucap Fariz Hariyoso kepada jejakrekam.com, Kamis (6/7/2017).

Hingga H+8 sendiri dari data yang dikumpulkan Pelindo, pemudik yang turun ke Pelabuhan Trisakti Banjarmasin dari Surabaya masih mencapai 3.006 penumpang. Angka ini sendiri jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan Tahun 2016 lalu yang tembus diangka 4.276 penumpang.”Kemungkinan nanti dua sampai tiga hari jelang H+15 baru pemudik yang datang ke pelabuhan Trisakti Banjarmasin akan mengalami peningkatan. Untuk saat ini memang masih sedikit,” ujarnya.

Untuk mengatasi lonjakan penumpang arus balik sendiri jelang H+15 mendatang, Farid mengaku pihaknya mempersiapkan penjagaan petugas yang lebih banyak dari biasanya untuk mengatur pemudik yang datang agar senantiasa tertib.”Sedangkan, layanan lainnya berupa layanan kesehatan dan ruang tunggu yang representatif juga kita sediakan. Hal itu agar pemudik yang kembali ke Banjarmasin bisa lebih nyaman sembari menunggu jemputan dari saudara ataupun keluarganya,” ucapnya.

Dengan segala upaya tadi, ia pun mengaku optimis momen arus balik di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin bisa berjalan sukses di tahun 2017 ini. “Arus mudiknya kan sudah sukses, jadi tentu arus baliknya juga demikian. Lagi pula arus balik sebenarnya jauh lebih mudah pengaturan hingga kordinasinya, karena pemudik tidak terkonsentrasi pada hari tertentu saja,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis : Afdi NR

Editor   : Didi GS

Foto     : Iman Satria

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.