Disalami Presiden Erdogan, Rizqon Juara III MTQ Internasional 2017 di Turki

ADA rasa syukur bercampur bangga setelah Muhammad Rizqon, pelajar Madrasah Aliyan Negeri (MAN) 2 Model Banjarmasin ini menoreh prestasi internasional. Terlebih lagi, Rizqon berdiri bersamaan dengan qori-qori internasional saat menerima penghargaan dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Ankara.

SEPERTI dilansir dari video yang diunggah QQI (Qori-Qoriah Indonesia) berdurasi 00.58, yang dikutip dari www.diyonet.gov.tr, terlihat Muhammad Rizqon yang mengenakan stelan jas dan mengenakan kopiah khas Indonesia, langsung menerima penghargaan dari orang nomor satu di Turki di Gedung Kepresidenan, Ankara. Nama Indonesia pun disebut dalam sebuah gedung megah di hadapan ratusan orang, Rizqon langsung berdiri di jajaran para qori internasional yang menerima penghargaan dari sang presiden.

“Alhamdulillah. Kami ucapkan selamat dan sukses kepada Qori muda @muhammad.rizqon111 asal Banjarmasin, salah satu perwakilan dari Indonesia yang telah berhasil meraih juara 3 pada MTQ Internasional di Turki thn 2017. Dari Banjarmasin Untuk Indonesia!” tulis pengunggah video dari Instakalsel Wargabanua, yang dipublikasikan pada 25 Mei 2017 di jejaring berbagi video Youtube.

Dari deretan juara MTQ Internasional tahun 2017 di Turki, Muhammad Rizqon seperti dilaporkan dalam video itu dipanggil menerima penghargaan dari Presiden Turki Recep Tayyip Edrogan. Nama Indonesia disebut dengan riuh tepuk tangan para hadirin, lintas negara-negara Islam di dunia.  Setelah menyusul qori juara kedua asal Iran, Sayed Mustafa Husien serta juara pertama, Habib Tayyes dari tuan rumah.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Direktorat Jenderal Bina Masyarakat Islam Kementerian Agama RI, H Mohammad Tambrin membenarkan bahwa Muhammad Rizqon menjuarai MTQ Internasional di Turki. “Benar, dari video yang beredar itu, Muhammad Rizqon menjadi salah satu juara MTQ Internasional di Turki. Hadiah langsung diserahkan Presiden Turki Tayyip Recep Erdogan. Rizqon merupakan qori Indonesia dari Kalimantan Selatan yang mewakili negara ini di ajang MTQ Internasional,” kata mantan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan ini kepada jejakrekam.com, Kamis (25/5/2017) malam.

Sekadar diketahui, pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional yang dihelat di Turki, pekan terakhir Mei 2017 lalu, Rizqon telah menorehkan prestasi yang membanggakan dalam seni baca indah Alqur’an (tilawah) bersaing dengan qori-qori internasional dari berbagai negara muslim. Sebelumnya, siswa kelas XI MAN 2 Model pada ajang MTQ XXIX Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, pada 15-23 Desember 2016 di Kota Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), keluar sebagai juara utama. Sebelumnya, Rizqon menyabet gelar  juara III pada MTQ Tingkat Nasional XXVI di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Agustus 2016 lalu.(jejakrekam)

Penulis  : Didi G Sanusi

Editor    : Didi G Sanusi

Foto       : Video Qori-Qori Indonesia