Pesta Miras, Bawa Sajam, Akhirnya Berurusan dengan Polisi

0

KASUS kepemilikan senjata tajam (sajam) secara ilegal dan mabuk-mabukan di Kabupaten Balangan masih cukup tinggi. Hal ini mungkin disebabkan masih kurang pahamnya masyarakat terkait aturan hukum tentang senjata tajam serta perilaku menyimpang.

MASIH tingginya kedua kasus ini, terbukti dari hasil operasi Sikat Intan 2017 yang dilakukan oleh jajaran Polsek Paringin. Dari giat penertiban dengan razia di beberapa lokasi rawan tindak kejahatan pada Selasa (25/4/2017) malam, Kapolsek Paringin Iptu Cahyo Budi Widodo beserta personilnya mengamankan 6 orang pemuda yang kedapatan sedang mabuk serta ada yang membawa sajam.

Kapolsek Paringin Iptu Cahyo Budi Widodo mengungkapkan, keenam pemuda yang diamankan ke Polsek Paringin guna ditindak sesuai hukum ini di dua tempat berbeda yakni, di Desa Lingsir, Kecamatan Paringin Selatan dan di Jalan Lingkar Timur Garuda Maharam, Kelurahan Paringin.

Di Desa Lingsir, kata Cahyo, pihaknya mendapati 3 orang dalam kondisi mabuk di warung remang – remang , ketiga pemuda tersebut adalah Hendra (27 tahun) warga Desa Awang Baru Kecamatan Batang Alai Utara Kabupaten HST, Yadi, (37 tahun) warga Desa Munjung dan Taupik Kurahman (27 tahun)  warga  Desa Tariwin, Kecamatan Batumandi.

“Dari ketiga pemuda mabuk ini kita juga turut mengamankan tiga unit sepeda motor milik mereka yang juga tidak dilengkapi dengan surat keabsahan kendaraan baik STNK maupun BPKB,’’ ujar Cahyo.

Sedangkan untuk ketiga pemuda lainnya yang diamankan, Cahyo mengungkapkan justru didapat saat pihaknya menyisir di Jalan Garuda Maharam. Saat itu, petugas berhasil menangkap tiga orang sedang berpesta miras jenis tuak dan dia ntaranya ada yang membawa sajam tanpa izin jenis badik milik MY (26 tahun) warga Desa Pelajau RT 02, Kecamatan Batumandi.

“Enam orang yang terjaring semuanya dalam pengaruh miras dan salah satunya MY kedapatan membawa sajam dan langsung diproses hukum. Sedangkan, lima orang lainnya kami lakukan pembinaan dengan dikenakan pasal tipiring,” ungkapnya.  Ke depan, menurut Cahyo, jajarannya akan selalu rutin melakukan giat baik razia maupun patroli guna mencegah terjadinya tindak kejahatan sejak dini. Ia berharap peran aktif masyarakat dalam menjaga ketertiban dan keamanan. (jejakrekam)

Penulis    : Sugianoor

Editor     : Didi G Sanusi

Foto        :  Sugianoor

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.