Khatib Dayyan Dipakai Sebagai Nama Sekber Saat Peresmian Gedung LVRI

0

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Banjarmasin berikan sekaligus meresmikan markas baru untuk Pengurus Cabang Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Banjarmasin, di Sekretariat Bersama (Sekber) Jalan Lingkar Dalam Selatan, Jumat (20/9/2024).

WALIKOTA Banjarmasin, H Ibnu Sina yang memimpin peresmian gedung baru ini, juga sekaligus memberikan nama baru untuk gedung tersebut. Dimana sekarang bangunan tersebut bernama, Gedung Sekretariat Bersama Khatib Dayyan.

Pemberian nama Khatib Dayyan ini sendiri dikatakan Ibnu, karena dirinya teringat sosok seorang yang memiliki jasa besar bagi sejarah Kota Banjarmasin. Namun belum diabadikan namanya dimanapun. “Karena beliaulah yang secara umum meng-Islamkan Banjar dahulu,” ucap Ibnu.

“Sehingga kemudian (saya ingin) jasa-jasa dan nama beliau diabadikan dalam sebuah prasasti hidup berupa kegiatan pemuda, masyarakat yang ada di Sekber ini,” sambungnya.

BACA: Gedung Sekber Direncanakan Tampung Ormas, Organisasi Keagamaan dan Kepemudaan Banjarmasin

Selebihnya, terkait dengan penyerahan dan peresmian salah satu ruangan di Sekber Khatib Dayyan untuk menjadi Markas Pengurus Cabang LVRI Banjarmasin.

Ibnu pun berharap ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. “Sekarang sudah mendapat tempat yang lebih representatif, daripada tempat yang dulu. Bersama-sama dengan organisasi lainnya di Sekber mudahan bisa saling bekerja sama,” jelasnya.

Dikatakan Ibnu, ini adalah bentuk perhatian Pemkot Banjarmasin kepada para veteran yang telah berjasa berjuang untuk negara. “Ini sudah sewajarnya diberikan perhatian oleh kita Pemkot Banjarmasin,” tuturnya.

BACA JUGA: Markas LVRI Kota Banjarmasin Tak Layak, Walikota Ibnu Sina: Silakan Gabung ke Gedung Sekber

Sementara itu, Ketua DPC Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Banjarmasin, Ronny YL mengaku gembira, karena akhirnya bisa mendapatkan tempat baru.

Sebab sudah dari Tahun 2002, pihaknya telah mengajukan permohonan untuk bisa menempati bangunan baru. “Dan baru Tahun 2023 lalu, permohonan kita di iyakan untuk mendapatkan bangunan baru,” ujarnya.

Dikatakan Ronny, kedepannya pihaknya akan memanfaatkan tempat baru ini sebagai lokasi pembinaan anak-anak muda. “Terutama mereka yang ada dibawah dari LVRI, yakni Pemuda Panca Marga,” ungkapnya.

“Agar supaya tidak terlupakan, dan menunjukkan bahwa ini lah perjuangan para veteran,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.