Dinas Nakertranskop UKM Adakan Pelatihan Lanjutan Anyaman Rotan Bagi Pelaku UMK

0

DINAS Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan Usaha Mikro dan Kecil Kabupaten Barito Utara, mengadakan pelatihan lanjutan anyaman rotan bagi pelaku usaha UMK. Selasa (17/9/2024) di Wisma Barakati Muara Teweh.

KEPALA Disnakertranskop UKM Barito Utara, M Mastur saat membuka kegiatan pelatihan mengatakan, selaras dengan visi dan misi Kabupaten Barito Utara, yang diantaranya adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia dan percepatan peningkatan pembangunan ekonomi masyarakat.

Menurut Mastur, Pemkab Barito Utara melalui Dinas Nakertranskop dan UKM melaksanakan berbagai program dan kegiatan, diantaranya adalah bagaimana upaya percepatan peningkatan kompetensi dan keterampilan pelaku usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi serta tenaga kerja melalui pelatihan vokasi dan berbasis kompetensi.

BACA: Dinas Transkop UMKM Barito Utara, Bina Warga Melalui Pelatihan

Dikatakannya, program dan kegiatan peningkatan kualitas SDM dan sumber daya ekonomi usaha koperasi, mikro, kecil dan menengah, termasuk tenaga kerja merupakan hal yang sangat penting, karena dengan hal ini diharapkan dapat terciptanya profesionalisme, meningkatnya produktifitas dan efesiensi kerja, serta memperluas jangkauan pasar dan meningkatnya keuntungan.

Dikatakannya, pembinaan dan pengembangan Koperasi dan UMKM, termasuk tenaga kerjanya merupakan salah satu upaya dalam percepatan peningkatan pembangunan ekonomi masyarakat yang berkelanjutan dan berkeadilan, memperkuat produktifitas dan daya saing, penciptaan lapangan kerja, membuka peluang usaha.

Dalam membuka peluang usaha diantaranya dengan memberikan kesempatan kepada masyarakat dan para wirausaha baru untuk tumbuh dan berkembang menjadi wirausahawan sukses serta dapat menyerap tenaga kerja, meningkatkan pendapatan, sehingga diharapkan akan memberikan dampak signifikan dalam upaya penanggulangan inflasi, pengangguran dan kemiskinan.

BACA JUGA: UMKM Barito Utara Diajak Untuk Beradaptasi Dengan Perubahan Yang Terjadi

Mastur juga mengatakan, dalam upaya mensukseskan program dan kegiatan tersebut, diharapkan adanya sinkronisasi, sinergi dan kolaborasi program dan kegiatan stakeholder terkait, baik organisasi perangkat daerah maupun perusahaan swasta, BUMN dan BUMD.

“Pada hari ini akan dilaksanakan kegiatan pelatihan lanjutan anyaman rotan bagi pelaku usaha mikro dan kecil Kabupaten Barito Utara Tahun 2024 yang merupakan anggota-anggota kelompok kerajinan rotan di daerah ini,” katanya.

Mastur menambahkan, tujuan dari pelatihan ini untuk lebih meningkatkan kompetensi dan keterampilan dalam mengolah kerajinan berbahan dasar rotan yang dikombinasikan dengan bahan kulit, diantaranya modifikasi, kreasi dan inovasi berbagai produk kerajinan berbahan dasar rotan yang potensial, trand dan berkualitas, seperti produk tas, dompet, tempat tisu, gantungan kunci, gelang, hiasan dinding dan produk lainnya.

Menurut Mastur, pemberdayaan dan pengembangan usaha ini sangat diharapkan adanya kerjasama atau kimitraan usaha, baik di bidang teknologi, permodalan maupun pemasaran, sehingga usaha ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.